Layanan Online Tanpa Kontak Fisik, Ada Lapak Asik di BPJAMSOSTEK

GEDUNG BPJS: Gedung Kantor Pusat BPJS Ketenagakerjaan atau kini dipanggil BPJAMSOSTEK di Jakarta. (suaramerdekasolo.com/dok)
GEDUNG BPJS: Gedung Kantor Pusat BPJS Ketenagakerjaan atau kini dipanggil BPJAMSOSTEK di Jakarta. (suaramerdekasolo.com/dok)

SOLO,suaramerdekasolo.com – Guna mendukung pemerintah dalam upaya pencegahan penularan virus Covid-19, BPJS Ketenagakerjaan atau BPJAMSOSTEK menjalankan protokol Lapak Asik (Layanan Tanpa Kontak Fisik).

Sebelumnya, layanan BPJAMSOSTEK kepada peserta selalu dilakukan secara tatap muka atau kontak fisik. Tapi untuk kondisi seperti ini, hal ini tidak mungkin dilakukan. Sehingga BPJAMSOSTEK fokus pada layanan klaim jaminan menjadi layanan online, tanpa kontak fisik.

“Protokol Lapak Asik ini dilaksanakan di seluruh kantor BPJAMSOSTEK,” kata Kepala Kantor BPJAMSOSTEK Cabang Surakarta, Rudy Yunarto, Jumat (27/3).

Dikatakan, urgensi pemberlakuan layanan online ini penting dilakukan. Selain mempermudah peserta, ini juga berdampak pada perlambatan penyebaran virus Covid-19 yang penanganannya terus diupayakan pemerintah.

Rudy mencontohkan, dalam melakukan pelayanan klaim jaminan hari tua (JHT), peserta dapat mengakses registrasi antrian online melalui aplikasi BPJSTKU atau melalui situs resmi antrian online di antrian.bpjsketenagakerjaan.go.id. Setelah mendaftar, paling lambat H-1 peserta mengunggah dokumen dokumen yang menjadi syarat klaim melalui alamat email yang diberikan saat registrasi.

Selanjutnya petugas akan melakukan verifikasi berkas. Pada saat verifikasi dibutuhkan konfirmasi lebih lanjut, petugas akan menghubungi peserta melalui telepon/email/videocall. Jika dokumen lengkap dan telah diverifikasi petugas, peserta tinggal menunggu status pengajuan klaim yang akan diinformasikan melalui sarana komunikasi seperti email, whatsapp/sms atau telepon.

aplikasi-bpjamsostek

Namun jika yang bersangkutan tidak berhasil mengunggah dokumen, peserta akan diinformasikan untuk datang langsung ke Kantor Cabang BPJAMSOSTEK untuk memasukkan dokumen ke dropbox yang tersedia untuk diproses lebih lanjut. Menurut Rudy, dropbox yang ditempatkan di luar ruangan itu merupakan salah satu bentuk mitigasi BPJAMSOSTEK dalam mengurangi interaksi langsung antara petugas dengan peserta BPJS Ketenagakerjaan.

Semua dokumen dalam dropbox yang diterima terlebih dahulu disemprot dengan desinfektan untuk kemudian bisa diserahkan kepada petugas BPJAMSOSTEK di dalam ruangan, pada petugas back office untuk diproses lebih lanjut. Pihaknya menjamin, pelayanan yang kami berikan selalu sesuai standar yang berlaku di BPJAMSOSTEK.

“Semua peserta yang mendatangi Kantor Cabang BPJAMSOSTEK akan selalu diukur suhu tubuhnya dan diwajibkan menjaga higienitas diri sebagai upaya mengurangi penyebaran Covid-19,” jelasnya.

Diharapkan dengan cara seperti itu akan meminimalisasi risiko penyebaran Covid-19 yang semakin meluas. Pihaknya juga minta pengertian peserta yang mengakses layanan BPJAMSOSTEK untuk bersama-sama mendukung program pemerintah dalam mencegah meluasnya Covid-19.(Vladimir Langgeng)

Editor : Budi Sarmun

 

Tinggalkan Pesan