Tingkatkan Kekebalan Tubuh Staf Terminal Tirtonadi Mandi Sinar Matahari

terminal-solo-jemur1
BERJEMUR : Petugas di Terminal Tipe A Tirtonadi Surakarta berjemur sinar matahari sebelum beraktivitas, Senin (30/3). (suaramerdekasolo.com/Budi Santoso)

SOLO,suaramerdekasolo.com – Para staf, petugas dan pekerja harian di Terminal Tipe A Tirtonadi Surakarta diwajibkan meningkatkan kekebalan tubuh (imunitas) terhadap serangan virus, khususnya virus corona. Selain mengkonsumsi makanan bergizi dan minuman yang menyehatkan. Mereka juga diminta selalu menjaga kebersihan dengan menerapkan pola hidup bersih dan sehat (PHBS).

Salah satu upaya meningkatkan fungsi kekebalan tubuh adalah dengan berjemru sinar matahari di pagi hari. Kegiatan ini dilaksanakan rutin, sebelum penyelenggara di terminal tipe A ini melayani penghuni terminal.

Baca : Ada Pembatasan Tempat Duduk Penumpang di Terminal Tirtonadi Solo, Ini Alasannya

Koordinator terminal Tipe A Tirtonadi Surakarta Joko Sutriyanto saat dihubungi Suara Merdeka, Senin (30/3) membenarkan mengenai kegiatan pagi hari di terminalnya. Menurutnya, aktivitas berjemur sinar matahari dan berolahraga ringan ini bakalan dirutinkan untuk meningkatkan kekebalan tubuh anak buahnya dalam melawan virus corona.

“Kalau badan para petugas pelayanan masyarakat ini sehat dan bagas waras, tentunya pelayanan akan prima. Dan tentunya pula aman terhadap penularan virus corona itu,” katanya.

terminal-solo-jemur2


Joko pun mengutip ucapan seorang ahli kesehatan, bahwa sinar matahari mengandung unsur baik bagi tubuh. Sinar ultraviolet yang dipancarkan sinar matahari bisa membunuh kuman, virus, dan bakteri termasuk memberikan vitamin bagi tubuh.

Baca : Cegah Penularan Virus Corona, Terminal Tirtonadi Bangun Tenda Screening

“Kami mengikuti imbauan dari ahli kesehatan saja, bahwa berjemur di bawah sinar matahari, bagus bagi tubuh. Saya sendiri juga tadi ikut berjemur,” katanya.

Lebih lanjut Joko mengungkapkan, terminal sebagai salah satu fasilitas umum yang berinteraksi langsung dengan masyarakat memang rawan sebagai tempat penular virus semacam corona itu. Upaya-upaya terminal tidak sebagai lokasi penularan virus yang dikenal covid-19 ini juga terus digalakan seperti penyemprotan rutin disinfektan, pengoperasian bilik disinfektan, dan penerapan jarak sosial.

“Petugas kami di lapangan yang bersentuhan dengan masyarakat juga dilengkapi dengan alat perlindungan diri,” katanya.

Baca : Bus-Angkot di Terminal Tirtonadi “Mandi”Desinfektan

Salah staf terminal Kondang Sri Lanang mengakui berjemur sinar matahari sudah sejak dulu digemari petugas terminal. Selain menyehatkan, sinar surya ini juga bisa membuat tubuh berkeringat.

“Pokoknya bikin sehat dan murahlah, karena tinggal lepas baju dan berdiam mandi cahay, ” katanya. (Budi Santoso)

Baca : Ditinggal Petugas Kebersihan Diklat, Koordinator Terminal Solo dan Staf Dikerahkan Bersihkan Lantai Terminal

Editor : Sri Hartanto

 

Tinggalkan Pesan