Keliling Kota Karanganyar, Mobil Water Cannon Semprot Desinfektan

0
penyemprotan-desinfektan-karanganyar
SEMPROT - Pasukan penyemprot keliling kota Karanganyar menyemprot jalan. (suaramerdekasolo.com/Joko DH)

KARANGANYAR,suaramerdekasolo.com – Aksi penyemprotan massal menggunakan mobil water cannon polisi dan mobil pemadam kebakaran yang diisi disinfektan dilakukan Polres Karanganyar, BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) dibantu TNI dari Kodim Karanganyar.

Rombongan mobil dikawal polisi keliling kota mulai dari Alun-alun depan kantor bupati, ke timur terus ke Tegalgede, ke selatan menuju jalur lingkar selatan, Lalung terus sampai Papahan ke utara, dan belok timur serta ke Taman Pancasila, ke barat, Gedung Wanita, kantor Setda, kembali ke Alun-alun sejauh sekitar 10 kilometer.

Semprotan memang diarahkan ke jalan raya karena kondisi jalan yang belum pernah disemprot disinfektan. Semprotan awal hanya diarahkan ke trotoar jalan serta jalur lambat saja beberapa waktu lalu.

‘’Disinfektan itu untuk mengurangi saja agar kondisi lingkungan menjadi semakin sehat. Pokoknya segala macam cara harus dilakukan agar resiko penyebaran virus cofid-19 ini bisa diminimalisasi. Kita akan lakukan secara berkala,’’ kata Kapolres AKBP Leganek Mawardi sesaat sebelum melepas rombongan melakukan penyemprotan, Selasa.

Sebelumnya Polres juga melakukan penutupan jalan utama Lawu di tengah kota, mulai dari Papahan sampai Buk Siwaluh, sama seperti ketika car free day dilakukan. Semua kendaraan, termasuk pemudik yang mulai berdatangan harus memutar mulkai Papahan ke selatan dan belok ke timue lewat jalur lingkar selatan sampai Tegalgede.

Penutupan itu juga disetujui bupati, mulai diberlakukan sejak Senin petang sampai jam 06.00 pagi hari. Tujuannya agar Karanganyar bersih udaranya dan terbebas dari virus, dan mengurangi orang keluyuran kemana-mana, termasuk ke dalam kota. Ini betul-betul physical distancing kita terapkan,’’ kata Kapores.

Editor : Budi Sarmun

Tinggalkan Pesan