Daftar Mahasiswa Baru UMS lewat Program E-seleksi

ums-gelar-perkuliahan-online
FOTO ILUSTRASI

SOLO, suaramerdekasolo.com– Makin merebaknya pandemi virus corona atau covid-19, Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) cukup kesulitan untuk mengakses secara langsung proses seleksi dalam menyaring mahasiswa baru melalui jalur computer based test (CBT) atau tes berbasis komputer.

Untuk mensiasatinya, UMS menggelar seleksi mahasiswa baru menggunakan metode seleksi secara online atau E-seleksi. Langkah tersebut bertujuan mencegah atau menghindari penyebaran virus corona, karena program E-seleksi ini, menurut Wakil Rektor I UMS, Prof Dr Muhammad Da’i MSi, tidak menimbulkan kerumunan atau interaksi yang berdekatan antar orang.

Ditambahkan Muhammad Da’i, program CBT untuk seleksi mahasiswa baru yang selama ini dikenal dengan nama One Day Service (ODS) Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) biasanya dilaksanakan di kampus atau di sejumlah tempat yang telah ditunjuk oleh panitia PMB, seperti di sekolahan dan lainnya.

”Namun adanya wabah corona yang menimbulkan banyak korban, kami menyadari kesulitan dalam mengakses calon mahasiswa baru dan menggelar seleksi penerimaan dengan CBT,” tegasnya, Senin (30/3).

Menyikapi hal tersebut, lanjut Wakil Rektor I itu, perlu dikembangkan E-seleksi mahasiswa baru UMS berbasis portofolio.
Dikatakan Muhammad Da’i, program E-seleksi diberlakukan untuk semua jurusan, termasuk Fakultas Kedokteran dan Fakultas Kedokteran Gigi.

Adapun basis seleksi berdasarkan nilai rapot yang diperoleh calon mahasiswa di tahap SMU dari semester I – V. Seleksi ini dapat diikuti pula oleh lulusan SMU tahun 2018 dan tahun 2019.

”E-seleksi memberikan kemudahan bagi calon mahasiswa untuk dapat melanjutkan studi di UMS. Para calon cukup dengan mengunjungi http://e-seleksi.pmb.ums.ac.id. Peserta seleksi dapat menambahkan informasi tambahan prestasi yang diperoleh ketika studi di SMU dan yang sederajat untuk tambahan pertimbangan dalam penerimaan mahaasiswa UMS,” jelas Muhammad Da’i .

Adapun berkaitan hasil seleksi melalui jalur ini, terang Wakil Rektor, akan diumumkan setiap pekan.

”Kami berharap proses seleksi ini menjadi alternatif bagi masyarakat yang ingin belajar di UMS. Proses seleksi ini merupakan respon kesiapan UMS dalam menghadapi disrupsi akibat covid-19.” (Sri Hartanto)

Editor : Budi Sarmun

 

Tinggalkan Pesan