Pemkab Karanganyar Aktifkan Pos Pemeriksaan Pemudik Di Tiga Terminal

mudik-lebaran
FOTO ILUSTRASI

KARANGANYAR,suaramerdekasolo.com – Pemkab Karanganyar mengaktifkan tiga pos pemeriksaan untuk mengantisipasi pemudik yang terus berdatangan ke Karanganyar. Tiga pos itu adalah pos yang ada di terminal Palur, pos di terminal Matesih dan pos di terminal Jatipuro.

Menurut Sundoro Budi Karyanto, Kadis Perhubungan, pemudik sebisa mungkin harus diturunkan di terminal Palur. Di sana, petugas sudah siap dengan pemeriksaan awal untuk memeriksa kondisi pemudik.

Jika ada yang lolos sudah ditunggu petugas di pos Matesih, yang biasanya menjadi tujuan akhir pemudik yang ke Tawangmangu, Jatiyoso, Jumantono dan sebagainya.

‘’Pemudik yang menumpang bus Wonogiri dan Sukoharjo yang biasanya berasal dari Jatipuro, dan Jumapolo yang memang lebih dekat, sudah ditunggu petugas pemeriksa di terminal Jatipuro.

Dengan demikian mereka tidak akan bisa lepas lagi untuk screening awal, setelah itu dipantau Puskesmas dan disarankan mengisolasi diri,’’ kata dia.

Pemudik memang tidak mungkin ditolak kedatangannya, sebab terlanjur masuk ke Karanganyar, apalagi memang berasal dari kampung tersebut. Termasuk yang datang memakai mobil carteran dan mobil pribadi lainnya.

Mereka jangan diperlakukan yang aneh-aneh, namun kedatangannya diminta melapor sehingga RT dan RW bisa memantau perkembangannya, minimal 14 hari diawasi. Termasuk tetangga terdekat harus ikut mengawasi agar tidak terjadi sesuatu yang mengkhawatirkan. Baik pada dirinya sendiri maupun dengan tetangganya.

Dengan demikian maka seluruh pemudik akan terawasi dan tetap kondisinya baik, tidak mengganggu.

Pemudik harus proaktif dan jangan malah neka-neka sehingga menimbulkan kegaduhan yang tidak perlu. (Joko DH)

Editor : Budi Sarmun

 

Tinggalkan Pesan