Warga RW 15 Kampung Dawung Serengan, Bantu Paket Sembako ke Warga Lain Terdampak Virus Corona

SOLO, suaramerdekasolo.com– Di tengah wabah virus corona masih menghantui masyarakat, banyak orang memilih tinggal dirumah apabila tidak ada yang penting untuk pergi bekerja atau keperluan lainnya.

Melihat situasi seperti itu, membuat warga RW 15 Kampung Dawung, Serengan yang dikenal dengan Pos Ronda 1 Dawung Tengah bimbingan Kapolresta Surakarta, Kombes Pol Andy Rifai secara bergotong-royong mengumpulkan beras, mi instan tujuannya untuk dibagi-bagikan kepada warga yang terdampak akibat virus corono atau covid-19.

Inisiasi para tokoh masyarakat, sejumlah pemuda dan berkat bantuan dari dermawan di kampung RW 15 Dawung, ada 1,5 ton lebih beras dan ribuan mi instan, pada Minggu (5/4) pagi, dibagikan kepada warga yang meliputi beberapa RT yang berada dilingkup Kampung Dawung RW 15, Serengan.

”Ada sekitar 500 paket sembako yang kami bagikan secara bertahap kepada warga masyarakat yang kebanyakan terkena dampak virus corona dan tinggal dirumah,” jelas Ketua RW 15, Ibu Sugeng (61) disela membagikan paket sembako kepada warganya. 

Ketua RW tersebut menjelaskan kekompakan para dermawan untuk berbagi, akan terus dilakukan secara rutin hingga dampak virus corona berakhir.

“Kegiatan bakti sosioal ini diselenggarakan secara rutin di kawasan Dawung. Sehingga bentuk kepedulian ini dapat membantu atau meringankan beban yang sekarang ini dialami masyarakat, terutama warga yang kurang mampu dan tidak bisa lagi bekerja saat menghadapi situasi sulit seperti sekarang ini,” terang Ibu Ketua RW tersebut.

Dengan menggunakan mobil bak terbuka, ratusan sembako dibawa keliling untuk dibagikan kepada warga yang sudah didata namanya.

Usai menerima paket sembako, Yanti (32) warga Dawung Tengah RT 02 RW 15, Serengan merasa bersyukur mendapat bantuan berupa sembako dari donatur warga peduli di kawasan mereka. Sebab, sejak Kota Solo berstatus Kejadian Luar Biasa (KLB) Virus Corona, pendapatan hariannya sama sekali nihil.

”Sejak bulan Maret lalu, saya sudah tidak mendapat penghasilan. Karena tempat kerja saya ditutup,” kata Yanti saat ditemui, Minggu (6/4) pagi. 

Perempuan yang sudah tidak bekerja lagi di tempat foto copy itu mengaku, bantuan yang diterimanya sangat membantu untuk menyambung hidup disaat susah seperti sekarang ini.

Ketua Karang Taruna Muda-Mudi RW-15, Ahas yang berperan aktif membagikan sembako kepada warga merasa bangga dalam memberikan sesuatu yang bermanfaat bagi orang lain.

“Kegiatan sosial ini merupakan wujud kepedulian dari muda-mudi RW 15 dan para donatur untuk berbagi kepada masyarakat yang membutuhkan,” jelas Ahas. 

Bakti sosial bertajuk ”Langkah Kecil untuk Kepedulian Bersama, Peduli Lingkungane Dewe” ini, lanjut dia, ada 500 paket sembako yang dibagikan kepada masyarakat yang membutuhkan.

”Tujuan kegiatan ini, agar masyarakat tetap tenang dalam menghadapi pandemi virus corona di Kota Solo sekarang ini yang belum diketahui kapan segera berakhir,” urai Ahas. (Sri Hartanto)

Editor : Budi Sarmun

 

Tinggalkan Pesan