Bank Daerah Karanganyar Sisihkan Rp 300 juta Selesaikan Masalah Sampah

0
bank-daerah-karanganyar
KENDARAAN SAMPAH – Dirut Bank Daerah Haryono menyerahkan secara simbolis kereta sampah untuk desa di Karanganyar. (suaramerdekasolo.com/Joko DH)

KARANGANYAR,suaramerdekasolo.com – Bank Daerah menyisihkan dana Corporate Social Responcibility (CSR) sebesar Rp 300 juta atau 3 persen dari laba bersih yang disetor ke Pemkab Karanganyar untuk membantu kereta sampah bagi 177 desa dan kelurahan di Karanganyar.

‘’Program pemerintah Karanganyar untuk menyelesaikan masalah sampah di tingkat desa perlu ddukung dengan sarana dan prasaransa yang lengkap. Salah satunya dengan menyediakan kendaraan atau kereta pengangkut sampah yang bentuknya kecil sehingga bisa mengambili sampah ke kampung,’’ kata Haryono Dirut Bank Daerah saat menyerahkan kereta sampah ke lurah, Selasa.

Untuk sementara baru beberapa kelurahan dahulu yang dibantu, setelah itu setiap tahun akan dibantu sehingga semua desa/kelurahan bisa mendapatkan paling tidak satu kendaraan pengangkut sampah kecil tersebut.

Sampah di Karanganyar dan di manapun sampai saat ini tetap menjadi problem. Karena itu kebijakan menyelesaikan sampah di desa baik. Entah itu didaur ulang, entah diproses menjadi pupuk, bahkan ada yang bisa merubah menjadi bahan bakar minyak (BBM).

Di desa malah sudah mengembangkan bank sampah sehingga setiap waktu tertentu ada yang mengambili sampah plastik untuk disetorkan dan didaur ulang. Dengan begitu sampah menjadi produktif. Dan hanya sisa sangat sedikit dari 450 ton sampah di Karanganyar yang dibuang ke tempat pembuangan akhir.

Karena itu diperlukan kendaraan kecil atau kereta sampah yang bisa masuk ke gang-gang untuk mengambili sampah. Jika secara rutin kendaraan mengambili sampah, maka sampah tidak menumpuk di jalan atau gang kampung.(Joko DH)

Editor : Budi Sarmun

Tinggalkan Pesan