DPRD Anggarkan Rp 1,4 Triliun untuk Covid-19 di Jateng

0
tanggap-darurat-corona
FOTO ILUSTRASI

KARANGANYAR,suaramerdekasolo.com – DPRD menganggarkan dana sekitar Rp 1,4 triliun untuk pemberantasan dan pencegahan wabah covid-19 di Jateng. Anggaran itu baru dibahas dan bisa jadi bisa bertambah seiring dengan berkembangnya wabah ini di Provinsi Jateng.

‘’Kita anggarkan segitu dan anggara itu merupakan pengalihan dari anggaran yang ada di pos-pos dinas – dinas yang kita alihkan untuk pemberantasan corona itu. Saat ini sedang kita selesaikan lewat rapat pimpinan dewan,’’ kata Sumanto, Ketua Komisi II DPRD Jateng, Selasa.

Menurutnya, wabah covid-19 yang paling parah ada di Semarang, dan Solo. Meski di daerah lain ada satu dan dua juga. Namun tidak separah di dua kota itu. Karena itu anggaran juga kita akan pusatkan di dua kota itu dan di rumah-rumah sakit rujukan.

Tentu saja penyalurannya nanti sesuai dengan peruntukan di dinas-dinas, meski semuanya harus terkonsentrasi pada pemberantasan corona. Termasuk jaring pengaman sosial untuk untuk yang terkena wabah corona. Sebab karena wabah ini maka sektor lain terkena imbasnya.

Karena itu jangan salah anggaran ini bukan dana di luar APBD yang Rp 28 triliun lebih itu, namun anggaran APBD yang dialihkan, yang memang kegiatannya bisa ditunda atau dibatalkan untuk dana pemberantasan covid-19.

“Sebab kita kita tahu kita banyak butuh dana untuk pembelian alat pelindung diri bagi masyarakat, tenaga medis yang berjuang untuk merawat dan menanggulangi wabah ini, bahkan boleh dibilang bertaruh nyawa untuk itu.

Kita juga butuh obat disinfektan yang kita berikan untuk penyemprotan di semua daerah, butuh obat, butuh membangun pusat karantina, dan sebagainya, yang semuanya memang diperlukan untuk menanggulangi wabah ini agar segera minggat dari Jateng.”(Joko DH)

Editor : Budi Sarmun

Tinggalkan Pesan