Baznas Karanganyar Siapkan Beras 100 Ton untuk Warga Terdampak Corona

0
Logo-Baznas
FOTO ILUSTRASI

KARANGANYAR,suaramerdekasolo.com – Baznas Karanganyar menyiapkan 100 ton beras yang akan dibagikan kepada warga terdampak wabah virus corona, seperti keluarga penderita, dan juga warga yang terkena pemutusan hubungan kerja (PHK) atau pelaku usaha mikro.

“Beras itu di luar beraszakat fitrah menjelang Idul Fitri yang terkumpul paling tidak ada 20-25 ton beras dari ASN (Aparat Sipil Nasional) yang menitipkan zakat fitrahnya ke Baznas,” kata Iskandar, wakil ketua bidang penyaluran dan pendayagunaan, Kamis.

Sehingga ada beras cadangan untuk warga terdampak corona sebanyak 125 ton yang sewaktu-waktu bisa dibagikan kepada masyarakat terdampak, sebagai sarana jaring pengaman sosial karena wabah corona.

Dia mengatakan, baznas juga menyalurkan bantuan sembako untuk para warga terdampak, berupa beras, kecap, telur dan mi instan, yang diambilkan dari dana tanggap bencana yang besarnya Rp 100 juta untuk warga masyarakat.

Dana itu biasanya untuk membantu korban bencana di Karanganyar, namun kini dialihkan untuk bantuan sembako.

Dana juga diperuntukkan bagi obat disinfektan bagi masjid-masjid dan TPQ yang meminta bantuan Baznas untuk penyemprotan. Baznas punya 11 tenaga tanggap bencana yang siap diturunkan di daerah bencana atau masjid-masjid untuk menyemprot.

Menurutnya, Baznas juga tetap menyalurkan bantuan sembako seumur hidup bagi warga yang lanjut usia dan tidak menerima subsidi dari anaknya, berupa kebutuhan sehari-hari dan beras, telur, mi instan, kecap, sabun, odol, sikat gigi, sebesar Rp 180.000 yang diberikan sebulan sekali untuk 1.067 orang.(Joko DH)

Editor : Budi Sarmun

Tinggalkan Pesan