Cegah Virus Corona, Warga Dusun Dirikan Pos Siaga Mandiri

pos-siaga-mandiri-wirogunan
CEGAH VIRUS CORONA- Warga Dusun Tisanan, Wirogunan, Kartasura mendirikan Pos Siaga Mandiri untuk mencegah penyebaran virus corona di kampung tersebut, Senin (13/4). (suaramerdekasolo.com/Sri Hartanto)

SOLO, suaramerdekasolo.com– Sebuah kampung di pelosok desa, tepatnya di Dusun Tisanan, Wirogunan, Kartasura punya kiat untuk memutus mata rantai penyebaran virus corona.

Kampung yang berada di wilayah Kartasura bagian barat tersebut secara bergotong-royang mendirikan Pos Siaga Mandiri. Dimana berdirinya pos bertujuan agar warga setempat dapat hidup sehat dalam mencegah penyebaran covid-19 yang sekarang sudah banyak yang menjadi korban.

Pos Siaga Mandiri yang juga berfungsi untuk menyalurkan berbagai bantuan yang diperuntukkan bagi masyarakat yang terkena dampak virus corona tersebut mendapat pendampingan dari Paguyuban Wargo Ageng Kartasura (Pawartos) serta memperoleh dukungan dari Pemerintah Desa Wirogunan yang diprakarsai Kepala Desa Wirogunan, Marjono.

Begitu Pos Siaga Mandiri di Dusun Tisanan didirikan pada Senin (13/4), secara simultan bantuan dari berbagai pihak mengalir. Bantuan dari Pawartos berupa masker, sarana tempat cuci tangan, sabun dan alat semprot sabun (CTPS) dan alat semprot untuk rumah tangga hingga hand sanitizer. Begitu juga secara simbolis Kepala Desa Wirogunan, Marjono menyerahkan paket sembako kepada warga Dusun Tisanan yang terdampak virus corona.

Presidium Pawartos, Rutsahaya menjelaskan, pendirian Pos Siaga Mandiri untuk menjaga warga Kampung Tisanan agar tetap sehat, bertahan secara ekonomi dalam menghadapi kondisi sekarang ini hingga mengantisipasi penyebaran virus corona, seperti mendata warga perantauan atau warga asing yang masuk di Dusun. ”Pos Siaga Mandiri yang didirikan di Tisanan diharapkan dapat menginspirasi warga Kampung lainnya untuk mendirikan pos serupa dalam berjaga, bersiaga menghadapi pandemi covid-19 yang terus menyebar dan makin banyak yang menjadi korban,” terangnya.

Kepala Desa Wirogunan, Marjono menambahkan, inisiasi pendirian Pos Siaga Mandiri selain menjaga agar masyarakat hidup sehat, juga dapat menghadapi peristiwa pandemi sekarang ini dengan cara bergotong-royong agar ketahanan hidup tetap terjaga. ”Pendirian Pos sangat penting dalam segala hal, termasuk dapat menyalurkan bantuan yang datang dari berbagai pihak untuk masyarakat Dusun Tisanan, Wirogunan,” terangnya. (Sri Hartanto)

Editor : Budi Sarmun

 

Tinggalkan Pesan