Fraksi PDI Perjuangan Surakarta Pelopori Usulan Pemotongan Anggaran Dewan dan Sekretariatan untuk Penanganan Wabah Corona

0

*Nilai Pemotongan Anggaran Capai Rp 10 miliar Lebih

SOLO,suaramerdekasolo.com – Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (Fraksi PDI Perjuangan) DPRD Kota Surakarta mempelopori usulan pemotongan sejumlah anggaran dewan dan sekretariatan yang dialokasi pada tahun in.

Jika usulan tersebut disetujui lembaga legislatif, maka akan tersedia anggaran segar senilai Rp 10 miliar lebih.

Anggaran Miliaran rupiah itu rencananya akan dialokasikan untuk pengadaan sembako yang dibagikan kepada warga Solo yang terdampak langsung wabah corona.

Menurut Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPRD Kota Surakarta Yf Sukasno, usulan pemotongan anggaran dewan dan sekretariatan merupakan hasil rapat jajaran fraksi yang digelar, Selasa (14/4) sore.

“Rapat fraksi dihadiri anggota dan seluruh jajaran fraksi. Ada Budi Prasetyo yang juga Ketua DPRD, ada Teguh Prakosa yang juga sekretaris DPC PDI Perjuangan, serta pimpinan komisi, pimpian alat kelengkapan DPRD dari fraksi (PDI Perjuangan-red) yang mengikuti rapat fraksi.

Jadi rapat fraksi mengusulkan tentang pemotongan anggaran dewan dan sekretariatan untuk membantu Gugus Tugas Covid-19 dalam penanganan wabah corona,” jelas Sukasno kepada suaramerdekasolo.com, Jumat (17/4).

Sukasno menjelaskan, sejumlah anggaran dewan dan sekretariatan yang dipotong memang nilainya mencapai Rp 10 miliar lebih.

Setidaknya ada tujuh pos anggaran yang bakalan dipotong. Jumlah terbesar adalah perjalanan dinas mencapai Rp 3,5 miliar dan pembentukan raperda senilai Rp 1 miliar dan lain-lain.

Sukasno yang juga Ketua Komisi II DPRD ini optimistis pemotongan anggaran tidak akan mengganggu kinerja wakil rakyat sampai akhir tahun.

“Ya ketemunya angka Rp 10 miliar dipotong dan dipakai penangangan Gugus Tugas Covid-19. Itu hanya di lingkup dewan (DPRD-red),” jelasnya.

Lebih lanjut Sukasno mengungkapkan, jika usulan ini bisa disepakati maka eksekutif juga bisa menerapkan hal serupa.

“Mestinya di eksekutif atau OPD (organisasi perangkat daerah-OPD) terkait juga melakukan rasionalisasi, dan anggarannya dipakai gugus tugas (Covid-19) untuk beli sembako dan dibagikan ke warga Solo yang terdampak wabah corona,” terangnya.

Sukasno menambahkan, atas hal tersebut Fraksi PDI Perjuangan sudah mengirim surat usulan pemotongan anggaran tersebut ke pimpinan dewan. (Budi Santoso)

Usulan pemotongan anggaran dewan dan sekretariatan Fraksi PDI Perjuangan Kota Surakarta :

  1. Perjalanan Dinas Rp 3,5 miliar

2. Pembentukkan Raperda Rp 1 miliar

3. Bintek Dewan Rp 750 juta

4. Sosialisasi Raperda Rp 250 juta

5. Makan malam rapat Rp 350 juta

6. Perjalanan dinas setwanRp 1 miliar

7. Bintek setwan Rp 500 juta

Total Rp 10, 150 miliar

Sumber : Fraksi PDI Perjuangan DPRD Kota Surakarta

Editor : Sri Hartanto

Tinggalkan Pesan