Beranda POLITIK PILKADA SOLO RAYA GAYENG Berjibaku Lawan Covid-19, Achmad Purnomo Nyatakan Mundur dari Pencalonan Cawali

Berjibaku Lawan Covid-19, Achmad Purnomo Nyatakan Mundur dari Pencalonan Cawali

achmad-purnomo
FOTO DIRI :Achmad Purnomo, Bakal Calon Wali Kota yang diusung DPC PDIP pada Pilwakot Solo 2020. (suaramerdekasolo.com/Budi Santoso)

SOLO,suaramerdekasolo.com – Wakil Wali Kota Surakarta yang juga bakal calon wali kota Achmad Purnomo mengeluarkan keputusan yang mengejutkan.

Di tengah Kota Solo sedang menghadapi wabah virus corona (Covid-19) dengan berstatus kejadian luar biasa (KLB), Achmad Purnomo mengatakan mundur dari pencalonan sebagai wali kota dalam pilwakot mendatang.

Achmad Purnomo beralasan, tak etis bila dalam wabah Covid-19 masih berlangsung masih berkompetisi dalam urusan politik.

“Saya enggak sampai hati kalau di tengah pandemi corona yang belum berakhir kok mengadakan kegiatan kampanye,” katanya saat ditemui di ruang kerjanya, Jumat (24/4).

Purnomo memprediksi wabah Covid-19 belum tuntas hingga September 2020 atau waktu pencoblosan sesuai tahapan dari KPU.

Walau akhirnya DPR RI sepakat Pilkada serentak 2020 digelar 9 Desember. Hanya mundur dua pekan dari jadwal semula 23 September.

Sementara proses pelaksanaan pilwakot sendiri mengharuskan terjadinya konsentrasi massa dalam jumlah besar. Mulai dari masa kampanye hingga pemungutan suara, bisa dipastikan banyak orang berkumpul di satu tempat.

“Karena itu kalau seandainya betul 9 Desember, saya akan mengajukan permohonan untuk mundur dari bakal calon wali kota,” katanya.

Seperti diketahui, Achmad Purnomo maju menjadi bakal calon Wali Kota Surakarta dengan dukungan penuh dari DPC PDI Perjuangan Surakarta berpasangan dengan Teguh Prakosa yang juga Sekretaris DPC PDI Perjuangan Surakarta. Bahkan, Purnomo juga mengklaim pasanganya itu juga menyatakan sepakat mundur dari pencalonan.

Purnomo juga mengatakan telah menyampaikan pengunduran dirinya secara lisan kepada Ketua DPC PDI Perjuangan Surakarta, FX Hadi Rudyatmo. Surat pengunduran diri secara tertulis akan segera ia sampaikan dalam waktu dekat.

“Sejauh ini beliau (Rudy) mendukung dan setuju. Sehingga saya tambah yakin. Meskipun belum secara resmi tertulis,” katanya.

Terkait pengunduran diri Purnomo, Rudy menyambut baik niat tersebut.

“Saya dukung kalau mau mengundurkan diri. Prosesnya nanti kita mengirim surat ke DPD Jateng (Dewan Pimpinan Daerah) dan DPP. Karena sekarang prosesnya kan sudah sampai sana,” katanya. (Budi Santoso)

Editor : Sri Hartanto

 

TIDAK ADA KOMENTAR

Tinggalkan Pesan