@repostwonogiri Jadi Simpul Informasi Warga Wonogiri

0
repost.wonogiri2
ADMIN MEDSOS : Dari kanan ke kiri, admin akun Instagram @repostwonogiri Hani Muhlis Subakti bersama admin grup Facebook Kabar Wonogiri Eggi Pratama dan admin Instagram @explore_wonogiri Setiawan Triharjanto dalam sebuah kegiatan di Polres Wonogiri, baru-baru ini. (suaramerdekasolo.com/Khalid Yogi)

WONOGIRI,suaramerdekasolo.com – @repostwonogiri menjadi salah satu akun Instagram yang  populer di Kabupaten Wonogiri. Akun ini menjadi tempat para netizen mencari dan berbagi informasi. Alhasil, 68.000 follower kini menjadi pengikut akun tersebut.

Pengelola atau admin @repostwonogiri Hani Muhlis Subakti (26) menuturkan, akun itu mulai dibuat November 2015 lalu. “Dibuat pas lagi banyak bencana alam di Wonogiri. Waktu itu juga dipakai untuk menghimpun donasi melalui Instagram,” katanya, baru-baru ini.

Seiring banyaknya informasi, @repostwonogiri semakin besar. Banyak warganet yang memberikan informasi kemudian diunggah ulang olehnya. “Banyak berita yang didapat dari masyarakat, kemudian di-reupload. Tetapi, kami juga berusaha mencari sumber-sumber yang benar untuk menghindari hoaks,” terangnya.

Baca : Dokter Ganteng Urung Menikah, Jadi Garda Terdepan Meninggal Usai Terinfeksi Corona

Adapun unggahan paling populer adalah bus Sudiro Tungga Jaya kandas di jalan Gunung Tunggangan, Kecamatan Tirtomoyo, Oktober 2019 lalu. Saat itu, postingannya dilihat hingga 380.000 kali. Adapun video yang diunggah di fanspage Facebook Repost Wonogiri dilihat sampai 1,9 juta kali.

Menjadi admin media sosial dengan puluhan ribu follower memberi kesan tersendiri. Banyak warganet yang curhat dan menjadi tempat bertanya. Tidak sedikit pula yang memberi informasi. “Kalau ada yang bertanya, saya jawab sebisanya sesuai kapasitas kami sebagai admin media sosial,” katanya.

Tidak hanya menyajikan informasi seputar Wonogiri, @repostwonogiri juga mengadakan kegiatan sosial. Beberapa kegiatan diadakan bersama para admin media-media sosial lainnya.

Baca : Inilah Juara Lomba Video Kreatif Pencegahan Covid-19 Polres Wonogiri

Salah satu kegiatan paling berkesan saat bakti sosial kepada warga lanjut usia (lansia) di Kecamatan Nguntoronadi, 2019 lalu. “Untuk mencapai rumahnya, kami harus berjalan kaki naik-turun gunung. Membawa barang berat sembako, kasur, peralatan MCK. Sampai di sana, kondisinya sangat memprihatinkan, hidup sendiri jauh dari orang,” tutur Hani, yang juga diamini oleh admin @explore_wonogiri Setiawan Triharjanto.

Mereka juga menggelar bakti sosial dengan menggalang donasi membantu mencegah wabah virus corona (Covid-19). Donasi yang terkumpul mencapai lebih dari Rp 22 juta. “Donasi datang dari pengguna Instagram, dibantu Gerakan Jumat Berkah, Pesantren Sore Pewaris Masjid, dan media-media sosial lainnya,” terangnya.

repost.wonogiri1
ADMIN MEDSOS : Dari kanan ke kiri, admin akun Instagram @repostwonogiri Hani Muhlis Subakti bersama admin grup Facebook Kabar Wonogiri Eggi Pratama dan admin Instagram @explore_wonogiri Setiawan Triharjanto dalam sebuah kegiatan di Polres Wonogiri, baru-baru ini. (suaramerdekasolo.com/Khalid Yogi)

Donasi yang terkumpul digunakan untuk membeli masker, alat pelindung diri, hingga hand sanitizer kemudian dibagikan ke Puskesmas dan fasilitas-fasilitas kesehatan lainnya.

Dengan banyaknya follower, @repostwonogiri kini sering mendapatkan kerja sama endorsement. Endorsement dalam bentuk foto dikenai biaya Rp 50.000, sedangkan video Rp 70.000, tayang selama sepekan. (Khalid Yogi)

Editor : Budi Sarmun

Tinggalkan Pesan