Selesaikan Kasus-kasus Besar di KPK, Panca Putra Simanjuntak Dianugerahi Bintang Dua

0
panca-simanjuntak
FOTO/liputan6

*Dipromosikan sebagai Widyaiswara Utama Tingkat I Sespim Lemdiklat Polri

JAKARTA,suaramerdekasolo.com – Kepolisian Republik Indonesia (Polri) memberikan anugerah khusus kepada RZ Panca Putra Simanjuntak atas kiprahnya selama menjabat sebagai Plt Deputi Penindakan KPK.

Panca Putra mampu mengungkap kasus besar di lembaga anti-rasuah tersebut naik pangkat dan berdinas di Lemdiklat Polri.

Di antaranya tiga kasus besar yang diungkap mantan Direktur Penyidikan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Pertama menuntaskan penanganan Korupsi PT Garuda (empat tahun belum selesai) dengan tersangka Emisyah Satar dan Soetikno Soetikno Soedarjo yang saat ini sudah tahap pembacaan vonis di PN Jakpus.

Kedua, penangkapan terhadap daftar pencarian orang (DPO) Eddy Sundoro, pelaku penyuapan Panitera PN Jakpus yang telah melarikan diri selama dua tahun lebih

Dan terakhir, kegiatan operasi tangkap tangan (OTT) pada 2019 yang berlangsung sebayak 21 kejadian. Seperti kasus suap izin impor bawang putih, kasus terkait izin impor ikan dan kasus besar lainnya.

“Atas Prestasinya Pimpinan Polri memberi amanah jabatan Widya Iswara Utama Kepolisian Tk. I Sempim Polri,” terang

Informasi yang dihimpun suaramerdekasolo.com, selama menjabat sebagai Plt Deputi Penindakan dan Direktur Penyidikan, Panca mampu menstabilisasikan situasi di Internal KPK dengan segala gelombang yang ada.

Kususnya pro-kontra pada saat pemilihan Ketua KPK dan terbitnya Undang Undang KPK No 19 /2019.

Setelah UU KPK baru terbit, di bawah kepemimpinannya, dia langsung menggeber dengan tetap melakukan penangkapan dan Penahan kepada para pelaku korupsi.

Sehingga KPK tetap eksis setelah UU KPK yang baru berlaku.

Kehandalan lulusan Akpol 1990 yang lain adalah sebagai seorang reserse tulen. Keahliannya membangun komunikasi di kalangan semua pihak di Internal KPK, dengan prinsip kesederhanaan tanpa menunjukkan pangkat, dan mampu memahami apa yg diharapkan anggitanya serta menjadi Pemimpin yang solutif.

Seperti diketahui Direktur Penyidikan Komisi Pemberantasan Korupsi ( KPK) RZ Panca Putra Simanjuntak ditunjuk sebagai pelaksana tugas (Plt) Deputi Penindakan KPK pada Juni 2019. Hal itu menyusul ditariknya Deputi Penindakan KPK sebelumnya, Irjen (Pol) Firli oleh Polri.

Brigjen Panca Putra Simanjuntak lalu kembali ditarik dari penugasannya sebagai Direktur Penyidikan di KPK.

Panca dikembalikan ke Korps Bhayangkara untuk menjadi Widyaiswara Utama Tingkat I Sespim Lemdiklat Polri.(Budi Santoso)

Editor : Sri Hartanto

Tinggalkan Pesan