Petani Muda Jatipurno Bagi-bagi Bibit Gratis

pemuda-wonogiri-serahkan-bibit
MENYERAHKAN BIBIT : Kang Tarmin (tiga dari kiri) menyerahkan bibit tanaman di kebun bibit Griya Amanah jalan raya Jatipurno, Kecamatan Jatipurno, Kabupaten Wonogiri, Sabtu (9/5). (suaramerdekasolo.com/Dok)

*Rangsang Generasi Muda Terjun ke Dunai Pertanian

WONOGIRI,suaramerdekasolo.com – Tarmin (38), seorang petani muda asal Kuryo, Kecamatan Jatipurno, Kabupaten Wonogiri,  membagikan ratusan bibit tanaman secara gratis kepada warga terdampak krisis akibat penyakit virus corona (Covid-19), Sabtu (9/5). Aksi sosial itu dilakukan untuk mendorong generasi muda agar mau terjun ke dunia pertanian, sehingga ketahanan pangan dapat terjaga meskipun krisis melanda.

“Saya ingin menstimulasi kemauan masyarakat terutama kaum muda agar bertani lagi. Mengingat saat ini banyak kaum muda yang mudik ke Kecamatan Jatipurno,” katanya, saat menyerahkan bibit tanaman kepada warga di kebun bibit Griya Amanah, jalan raya Jatipurno, Kecamatan Jatipurno, Kabupaten Wonogiri.

Dia berharap masyarakat bisa terjun ke dunia pertanian dengan memaksimalkan pemanfaatan lahan atau pekarangan kosong. Dengan cara itu, ketahanan pangan akan tetap terjaga meskipun dilanda krisis akibat pandemi Covid-19. “Mereka akan memiliki sumber pangan berkelanjutan, membantu memenuhi ketersediaan pangan bagi keluarga dan lingkungan sekitar, sehingga masyarakat tidak hidup praktis hanya mengandalkan bantuan dari pemerintah,” ujarnya.

Menurutnya, wabah Covid-19 justru menjadi momentum yang tepat untuk menggenjot sektor pertanian. Pasalnya, masyarakat sangat membutuhkan pangan yang sehat. Ketersediaan pangan yang sehat akan memberikan rasa aman dari dampak pandemi Covid-19.

Dalam kesempatan itu, dia membagikan sekitar 300 bibit tanaman buah kepada sejumlah warga terdampak krisis Covid-19. Antara lain berupa bibit tanaman alpukat, pisang, terong, dan cabai.

“Semoga tujuan kami memberikan bibit gratis ini dapat terwujud sesuai harapan. Di mana masyarakat kembali mau bertani guna menjaga ketahanan pangan disaat Pandemi Virus Covid-19,” harapnya.

Tidak hanya memberikan bibit tanaman secara gratis, pria yang bekerja sebagai guru SMK itu sebelumnya juga menggelar aksi sosial. Yakni memberikan masker secara gratis untuk tenaga medis dan relawan Covid-19. (Khalid Yogi)

Editor : Budi Sarmun


 

1 KOMENTAR

  1. Kang tarmin kami tmn² dari baturetno jg berminat bibit tanaman gratisnya.. andai msh ada kami siap ambil buat kami distribusikan kpd yg berhak menerima
    Wa. 081326992424

Tinggalkan Pesan