Iuran dari Uang Saku, Siswa SMKN Jenawi Karanganyar Bagi Sembako Sekaligus Rayakan Kelulusan

kelulusan-smkn-jenawi-karanganyar
AKSI SOSIAL : Perwakilan siswa SMKN Jenawi menyerahkan bantuan sembako kepada masyarakat terdampak pandemi Covid-19 di Desa Anggrasmanis, Kecamatan Jenawi, Minggu (10/5). (suaramerdekasolo.com/Irfan Salafudin)

KARANGANYAR,suaramerdekasolo.com – Siswa kelas XII SMKN Jenawi punya cara sendiri, dalam merayakan kelulusan mereka.

Mereka menggalang dana secara mandiri dan hasilnya dibelikan sembako, untuk kemudian dibagikan kepada masyarakat yang membutuhkan. Selain itu, mereka juga membagikan takjil kepada pengguna jalan yang melintas di area depan sekolah.

Uniknya, saat mendatangi satu persatu rumah penerima bantuan sembako, mereka mengenakan seragam yang sudah penuh dengan coretan spidol dan cat semprot, sebagai ekspresi atas kebahagiaan mereka telah lulus dari bangku SMK.

Penyerahan sembako dan bagi takjil mereka lakukan Minggu (10/5). Bantuan sembako diberikan kepada masyarakat terdampak pandemi Covid-19 di Desa Anggrasmanis, Kecamatan Jenawi. Sedangkan aksi bagi takjil, dilakukan di depan area sekolah.

Baca : 1.000 Nasi Bungkus Warga Griya Mukti Karanganyar Untuk Warga Terdampak Covid-19

Koordinator Aksi Elsa Rosita mengungkapkan, para alumni sepakat untuk merayakan kelulusan dengan kegiatan yang berfaedah, karena saat ini sedang terjadi pandemi corona.

“Ada 276 alumni kelas XII yang ikut berdonasi, plus donasi dari guru dan karyawan. Setelah terkumpul, sebagian diwujudkan dalam bentuk sembako, sebagian untuk bagi takjil. Paket sembako yang diberikan berisi beras, minyak, mi instan, gula dan teh,” jelasnya, di sela acara.

Desa Anggrasmanis dipilih sebagai lokasi aksi, karena di wilayah tersebut cukup banyak masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19.

Disinggung soal pemakaian seragam yang penuh coretan, Elsa mengatakan, “Ini untuk seru-seruan saja. Coret-coretnya juga di rumah, karena pengumuman kelulusan dilakukan secara online. Menghindari terjadinya kerumunan,” imbuhnya.

Baca : Petani Muda Jatipurno Bagi-bagi Bibit Gratis

Kepala SMKN Jenawi Sri Eka Lelana mengatakan, donasi yang terkumpul mencapai Rp 5,8 juta, yang kemudian diwujudkan menjadi 50 paket sembako dan 200 paket takjil.

“Ini inisiatif anak-anak, sebagai rasa syukur atas kelulusan mereka dan ingin berbagi pada masyarakat yang terdampak pandemi corona. Aksi ini juga bentuk nyata dari pendidikan ketarunaan yang diterapkan di sekolah, di mana siswa memiliki kepedulian terhadap lingkungannya,” katanya. (Irfan Salafudin) 

Baca : Nojorono Upayakan Pencegahan Penyebaran Covid-19 ke Sejumlah Pasar Tradisional

Editor : Budi Sarmun


 

Tinggalkan Pesan