Ini Hubungan Kesehatan Mental dengan Lingkungan Kerja

halodoc-kesehatan-mental
FOTO/DOK

JAKARTA – Banyak orang yang dari Senin sampai Jumat lebih banyak menghabiskan waktu di tempat kerja. Bahkan terkadang, akhir pekannya juga masih harus bekerja meskipun dilakukan di rumah.

Tekanan yang terjadi pada pekerjaan dapat menyebabkan tingginya kadar stres yang memengaruhi kesehatan mental.

Padahal, sangat penting untuk menjaga kesehatan mental di tempat kerja demi keberlangsungan pekerjaan. Hal tersebut karena apabila orang tersebut mengalami gangguan mental, kemungkinan beban pekerjaan yang ditanggungnya tidak terselesaikan. Berikut pembahasan mengenai kesehatan mental di tempat kerja!

Pengaruh Kesehatan Mental di Tempat Kerja
Lingkungan kerja setiap orang pasti memiliki dampak positif dan negatif pada kesehatan psikologis para pekerjanya.

Banyak faktor yang dapat memengaruhi hal tersebut, dari masalah gaji, lingkungan, hingga rekan kerja yang memang bersinggungan hampir setiap hari. Dengan begitu, kesehatan mental kamu dapat terpengaruh.

Tingkat stres akan terus meningkat apabila semua faktor tersebut tidak berjalan sesuai keinginannya. Ketika beban semakin menumpuk, produktivitas dan fokus juga akan menurun sesuai dengan hal tersebut. Maka dari itu, kamu harus dengan cepat mencari jalan keluar agar semua hal tersebut dapat diatasi.

Seseorang dapat menjaga kesehatan mentalnya ketika dirinya tidak mengalami tekanan yang parah. Selain itu, ketika kamu sedang mengalami masalah atau tekanan, ada baiknya langsung mencari cara untuk menyelesaikannya.

Salah satu caranya adalah dengan membicarakannya dengan rekan kerja agar tidak memengaruhi kinerja orang lain.

Kerugian Akibat Dampak Negatif Kesehatan Mental di Tempat Kerja.

Hal yang paling penting untuk diperhatikan untuk menjaga kesehatan mental di tempat bekerja adalah dengan menjaga keseimbangan semua hal di kantor.

Hal-hal yang meliputinya, seperti pengelolaan stres kerja, manajemen waktu, dan pengaturan waktu untuk bekerja dengan kehidupan pribadi.

Jika kesehatan mental dari para pekerjanya terganggu, produktivitas karyawannya juga akan menurun. Padahal, produktivitas adalah salah satu hal yang paling penting untuk mendorong kemajuan perusahaan. Maka dari itu, perusahaan harus segera menangani masalah kesehatan mental tersebut.

Memang, penyebab dari gangguan mental yang terjadi di kantor adalah perasaan stres yang bertumpuk sehingga menyebabkan gangguan akut. Ketika hal tersebut terjadi, kamu mungkin mengalami kelelahan secara fisik dan emosi. Dengan begitu, produktivitas juga akan menurun drastis dibanding biasanya.

Seharusnya, perusahaan menyediakan layanan konsultasi kesehatan pekerjanya agar kelangsungan mentalnya tetap terjaga. Dengan begitu, produktivitas seorang pegawai akan tetap maksimal. Jika tidak, kamu mungkin harus mempercepat mencari karyawan baru, padahal perusahaan tahu dirinya memiliki potensi yang baik.

Jika kamu mempunyai pertanyaan terkait kesehatan mental di tempat kerja, psikologi dari Halodoc siap membantu.

Caranya mudah, kamu hanya perlu download aplikasi Halodoc di smartphone yang digunakan! Selain itu, kamu juga dapat melakukan pemeriksaan kesehatan  dengan pemesanan online di beberapa rumah sakit melalui Halodoc.

Cara Mengatasi Gangguan Kesehatan Mental di Tempat Kerja.

Sangat penting untuk mengatasi gangguan mental yang terjadi di lingkungan kerja karena mungkin saja memengaruhi kinerja rekan satu timnya. Hal yang harus dilakukan adalah memprioritaskan keseimbangan antara waktu kerja dan waktu pribadi.

Ketika mempunyai waktu untuk diri sendiri, orang tersebut akan menjadi lebih rileks.

Tubuh yang lebih rileks ketika tidak melakukan sesuatu yang berhubungan dengan pekerjaan di luar jamnya dapat mengatasi gangguan yang menyangkut pekerjaan dan gejala dari insomnia.

Dengan begitu, perasaan stres dapat menurun drastis sehingga menjaga performanya tetap normal.

Beberapa kegiatan yang dilakukan di luar kantor juga dapat mendorong seseorang untuk pulih dari gangguan mental. Beberapa hal yang dapat kamu lakukan adalah menjadi sukarelawan, melakukan meditasi, berjalan-jalan, dan menghabiskan waktu bersama teman serta keluarga. (*)

1 KOMENTAR

  1. Kesehatan mental yang baik adalah kondisi ketika batin kita berada dalam keadaan tentram dan tenang, sehingga memungkinkan kita untuk menikmati kehidupan sehari-hari dan menghargai orang lain di sekitar. Seseorang yang bermental sehat dapat menggunakan kemampuan atau potensi dirinya secara maksimal dalam menghadapi tantangan hidup, serta menjalin hubungan positif dengan orang lain. ternyata ada berbagai cara untuk menjaga kesehatan mental diri sendiri dan orang lain. hal ini diungkapkan oleh dosen Universitas Airlangga. simak aja langsung di link berikut ya, terimakasih : http://news.unair.ac.id/2019/10/16/dosen-unair-banyuwangi-beri-tips-empat-cara-jaga-kesehatan-mental/

Tinggalkan Pesan