Siap-siap Bagi Para PNS Wonogiri, Pemkab Anggarkan Rp 43,7 Miliar untuk THR

tunjangan-hari-raya
FOTO ILUSTRASI

WONOGIRI,suaramerdekasolo.com – Pemkab Wonogiri menganggarkan dana sekitar Rp 43,7 miliar untuk memberikan THR atau gaji ke-13 bagi para PNS kabupaten tersebut.

Namun, para pejabat eselon II tahun ini tidak mendapatkan THR.

Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD) Kabupaten Wonogiri Stefanus Pranowo mengungkapkan, Pemkab biasanya menganggarkan dana hingga Rp 48 miliar untuk THR.

“Tapi sekarang dikurangi banyak sekali,” katanya, baru-baru ini.

THR yang diberikan saat ini hanya sebesar gaji pokok, tunjangan jabatan, tunjangan keluarga, tunjangan jabatan, dan tunjangan umum. Alhasil, jumlah total dana untuk THR sebesar Rp 43,7 miliar.

“THR dihitung berdasarkan gaji bulan Maret 2020,” imbuhnya.

Adapun PNS yang berhak mendapatkan THR, hanya eselon III ke bawah. Sedangkan pejabat eselon II tidak mendapatkan THR. Namun, pihaknya belum bisa memastikan kapan THR akan dicairkan.

“Kita di daerah punya dinamika tersendiri,” imbuhnya.

Tahun lalu, pembayaran dilakukan sepuluh hari sebelum lebaran. Sementara itu, jumlah PNS di Pemkab di Wonogiri sebanyak 9.346 orang.

Sebelumnya, Bupati Wonogiri Joko ‘Jekek’ Sutopo membuat kebijakan lockdown pemerintahan karena adanya wabah virus corona (Covid-19). Berbagai kegiatan dihentikan dan pihaknya melakukan realokasi atau refokusing anggaran.

Alhasil, Pemkab mampu menyiapkan dana sekitar Rp 110 miliar untuk penanganan dampak Covid-19. Dana tersebut akan dimanfaatkan melalui program Jaring Pengaman Sosial (JPS). (Khalid Yogi)

Editor: Budi Sarmun

 

Tinggalkan Pesan