Beranda SUBOSUKAWONOSRATEN KARANGANYAR Baznas Karanganyar Salurkan Beras 5 ton untuk Marbot

Baznas Karanganyar Salurkan Beras 5 ton untuk Marbot

baznas-karanganyar-zakat

*Total 100 ton Disalurkan bagi Warga Terdampak Pandemi Covid-19

KARANGANYAR,suaramerdekasolo.com – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Karanganyar sudah menyalurkan beras untuk korban terdampak Covid-19 dari sebanyak 100 ton beras yang disiapkan untuk masyarakat. Masih ada 90 ton untuk penyaluran secara bertahap.

‘’Itu di luar sekitar 25 ton beras zakat fitrah yang dititikan ASN serta masyarakat kepada Baznas yang nanti baru akan dikirimkan H-3 Idul Fitri kepada masyarakat lewat takmir masjid di setiap kecamatan,’’ kata Sugiarso, Ketua Baznas Karanganyar, Jumat.

Dikatakannya, pihaknya memang menyiapkan bantuan beras sekitar 100 ton, dan itu akan dikeluarkan sedikit sedikit untuk terdampak Covid-19.

Karanganyar dinilai masih bagus untuk kepedulian masyarakat sekitar. Sehingga beras Baznas baru dikeluarkan untuk warga yang tidak terjangkau.

Selama ini masih mengandalkan uluran tangan sekitar untuk membantu warga dengan prinsip pagar mangkok yang ternyata cukup efektif untuk saling menolong. Sehingga beras dari Baznas baru keluar sedikit untuk mereka.

Yang 5 ton dikeluarkan untuk marbot, muadzin, pengurus masjid yang juga kondisinya memerlukan bantuan sehingga untuk pengurus 2.475 masjid ini baznas perlu mengirimkan beras secara khusus. Masjidnya memang ada yang tidak digunakan karena jamaah diimbau shalat sendiri. Namun mereka tetap setiap hari membersihkan masjid. Muadzin juga harus jalan.

Sedangkan zakat fitrah dikirimkan lewat MUI setempat dan juga takmir masjid di setiap kecamatan, peruntukannya bagi mereka warga yang fakir miskin dan setiap masjid sudah memiliki daftarnya. Sejak limka tahun baznas memang tidak membagi secara mengantri, namun diantarkan sampai alamat oleh pengurus masjid.(Joko DH)

Editor : Budi Sarmun

 

TIDAK ADA KOMENTAR

Tinggalkan Pesan