Pemkab Karanganyar Cover Bantuan untuk Warga Tak Terdaftar Penerima BLT dan BST

0
ilustrasi-blt
FOTO/merdeka.com

KARANGANYAR, suaramerdekasolo.com – Pemkab Karanganyar akan meng-cover bantuan untuk masyarakat, yang tidak terdata dalam penerimaan Bantuan Sosial Tunai (BST) dari Kementerian Sosial (Kemensos), maupun Bantuan Langsung Tunai (BLT) dari Dana Desa (DD).

Mereka yang tidak ter-cover dua jenis bantuan tersebut, akan mendapat bantuan paket sembako dari Pemkab Karanganyar senilai Rp 200 ribu. Diharapkan, bantuan tersebut sudah bisa tersalurkan sebelum Lebaran.

Bupati Karanganyar Juliyatmono mengatakan, ada 30 ribuan warga Karanganyar yang namanya tidak tercantum dalam daftar penerima BST maupun BST, meskipun mereka mengalami dampak dari pandemi Covid-19.

“Jumlah itu diketahui, setelah dilakukan inventarisasi di tingkat RT/RW dan belum mendapatkan bantuan BST maupun BLT. Mereka yang tidak ter-cover, menjadi tanggung jawab Pemkab,” jelasnya, Senin (18/5).

Bupati mengatakan, Pemkab sudah menyiapkan bantuan untuk mereka, berupa paket sembako senilai Rp 200 ribu.

“Diusahakan, sebelum Lebaran, penyaluran sudah dilakukan. Pemberiannya sekali. Sekali dulu, karena diharapkan, pascaLebaran, pandeminya sudah berakhir. Aktivitas ekonomi bisa kembali normal. Sebab perkembangan Covid-19 ada kecenderungan turun,” tuturnya.

Disinggung soal kebijakan pemerintah pusat yang membolehkan tenaga kerja di bawah usia 45 tahun kembali bekerja, Bupati mengatakan, tenaga kerja di semua level usia bisa bekerja kembali.

“Enom, tuwa, silakan bekerja. Kalau mengidentifikasi umur satu-satu kan susah. Yang bisa kerja, biar kerja semua,” imbuhnya. (Irfan Salafudin) 

Editor : Budi Sarmun

Tinggalkan Pesan