Produksi UMKM Yoghurt Terhenti Akibat Pandemi

perusahaan-umkm-binaan-sarihusada2
YOGHURT LOKAL : LPTP mendistribusikan yoghurt produksi UMKM binaan Sarihusada kepada masyarakat di Klaten dan Yogyakarta. (suaramerdekasolo.com/Merawati Sunantri)

*LPTP dan Sarihusada Bagikan Yoghurt di Klaten dan Yogyakarta

KLATEN,suaramerdekasolo.com – Tak bisa dipungkiri, pandemi Covid-19 telah memukul Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) produsen yoghurt.

Kegiatan ekonominya nyaris terhenti karena penjualan terhenti akibat penutupan tempat wisata dan sekolah.

“Pemasaran tertinggi yoghurt di tempat wisata dan sekolah-sekolah, dengan penutupan obyek wisata dan libur sekolah, maka penjualan kami anjlok dan produksi nyaris terhenti,” kata Ketua Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) Sumber Rejeki, Sukiyem.

Beruntung, Danone Indonesia melalui PT Sarihusada Generasi Mahardhika (Sarihusada) menyerap produk mereka untuk dibagikan sebagai bantuan bagi kelompok rentan yang tersebar di sejumlah Panti Asuhan di Klaten dan Yogyakarta.

“Distribusi Yoghurt ke Panti Asuhan di Klaten dan Yogyakarta dilakukan oleh Lembaga Pengembangan Teknologi Pedesaan (LPTP) sebagai mitra Sarihusada. Bantuan yoghurt digelar menyusul bantuan 10.000 tempe untuk kelompok rentan yang telah dilakukan sebelumnya,” kata Titik Susana dari LPTP di Prambanan, Klaten.

Sukiyem dan perajin yoghurt merasa bersyukur masih bisa berproduksi saat pandemi.

KSM Sumber Rejeki adalah kelompok penerima manfaat tidak langsung dari Program Peningkatan Mutu Susu (PMS) Sarihusada sejak 2012. Mereka menyerap susu produk dari peternak binaan di Yogya.

rogram PMS berupaya mengatasi masalah terbatasnya bibit sapi perah berkualitas, lahan penanaman hijauan, rendahnya minat generasi muda menjadi peternak, terbatasnya pakan konsentrat berkualitas dengan harga terjangkau dan sumber air.P

Selain itu, PMS yang sudah berjalan 29 tahun juga ingin mengatasi rendahnya pengetahuan peternak dalam memelihara sapi perah dan penerapan teknologi, sehingga kualitas dan produktivitas susu kurang memadai. Universitas Gadjah Mada Yogyakarta menjadi konsultan dengan pola kemitraan.

perusahaan-umkm-binaan-sarihusada

“Kami mendampingi peternak di Yogyakarta dan Jawa Tengah, agar menghasilkan susu berkualitas tinggi sehingga dapat diserap industri susu nasional, dan berkontribusi pada pengembangan usaha pengolahan makanan dan minuman berbasis susu seperti yoghurt,” kata Senior Sustainable Development Manager Danone Indonesia, Arif Wahyudin.

Di masa pandemi ini, Sarihusada juga membagikan masker, hand sanitizer dan edukasi tentang Covid-19 sebagai upaya meminimalilir dampak pandemi bagi kesehatan peternak.(Merawati Sunantri)

Editor : Budi Sarmun

 

Tinggalkan Pesan