Personil Lanud Adi Soemarmo lakukan Pengawasan, Tidak Terjadi Lonjakan Penumpang di Bandara Adi Soemarmo

0
bandara-adi-soemarmo
PESAWAT PARKIR : Pesawat tengah parkir di apron Bandara Adi Soemarmo Solo. (suaramerdekasolo.com/Vladimir Langgeng)

KARANGANYAR,suaramerdekasolo.com – Personel Lanud Adi Soemarmo melakukan pengawasan ketat terhadap penumpang datang maupun berangkat melalui Bandara Adi Soemarmo Solo. Pengawasan dilakukan, untuk memastikan tidak ada penumpang yang melakukan perjalanan dalam kondisi terpapar virus Covid-19.

Komandan Lanud Adi Soemarmo Kolonel Pnb Adrian P Damanik mengatakan, pengamanan area bandara menjadi tanggung jawab Lanud Adisoemarmo, karena masih dalam wilayah pangkalan udara.

“Kami berkoordinasi dengan pihak bandara, untuk pengamanan. Personel kami standby. Saat ini fokus pada pendataan penumpang datang dan berangkat, setelah ada kebijakan operasional maskapai dalam situasi pandemi Covid-19,” katanya, di sela acara bakti sosial penyerahan bantuan paket sembako di Dusun Jetak, Desa Bolon, Kecamatan Colomadu, Rabu (20/5).

Baca : MUI Kabupaten Sragen Imbau Umat Muslim Salat Idul Fitri di Rumah

Hasil pendataan, dikoordinasikan dengan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Surakarta.

“Untuk pengamanan, kami terapkan sesuai protokol yang berlaku. Salah satunya pengecekan suhu penumpang. Pantauan kami, sejak kebijakan operasional maskapai dibuka, tidak terjadi lonjakan penumpang,” tuturnya.

Jumlah penumpang datang maupun berangkat, dalam sehari rata-rata antara tiga hingga lima orang.

“Beberapa waktu lalu, sempat ada 16 penumpang datang dari Jakarta. Itu paling banyak. Setelah itu, tidak ada lagi. Yang datang paling dua atau empat orang. Yang berangkat juga paling banyak lima orang,” jelasnya.

Dari pemeriksaan rapid test terhadap semua penumpang, Danlanud menyampaikan, sejauh ini tidak ada yang reaktif Covid-19. “Hasil rapid test semua negatif,” imbuhnya.

Baca : Polres Wonogiri Meraih Predikat Sangat Baik Survei Penyelenggaraan Pelayanan Publik

Sementara itu, terkait penyaluran bantuan paket sembako, Danlanud menyampaikan, bakti sosial tersebut untuk membantu masyarakat di sekitar Lanud yang terdampak pandemi Covid-19.

“Ada seribu paket sembako yang disiapkan, disalurkan ke 25 titik di sekitar Lanud. Kami ingin berbagi dengan masyarakat yang mengalami kesulitan akibat wabah ini. Semoga bermanfaat. Serta berharap, agar pandemi ini segera berakhir dan aktivitas kembali normal,” jelasnya. (Irfan Salafudin) 

Editor : Budi Sarmun

Tinggalkan Pesan