Cegah Takbir Keliling, Polisi Patroli Keliling Kawasan Cluster Covid-19 dan Wilayah Perbatasan

kapolres-karanganyar-tes-anggotanya
FOTO ILUSTRASI

KARANGANYAR,suaramerdekasolo.com – Polisi tetap tidak mentolerir masyarakat menggelar takbiran keliling kampung atau malah keliling kota.

Polisi akan berpatroli dan memperingatkan peserta takbiran keliling. Kalau diperingatkan tidak mau, ya polisi akan menindak.

Hal itu dikemukakan Kepala Perencanaan dan Pengedalian Operasi Pengamanan lebaran, Kompol I Wayan Sudita kepada wartawan, Jumat.

“Meski salat Ied diizinkan Bupati digelar di lapangan atau masjid, namun tidak untuk takbir keliling.”

Alasannya selain soal pandemi Covid-19 karena harus menjaga physical distancing, juga karena takbir keliling juga akan mengakibatkan gangguan keamanan sekitar dan di jalan raya.

Sehingga polisi tetap melarang takbir keliling. Apalagi biasanya diikuti dengan tindakan seenaknya di jalan.

Wayan Sudita mengatakan, takbiran cukup di masjid saja, boleh dilakukan bersama-sama dengan tetap menjaga jarak sentuhan fisik dan prosedur kesehatan lainnya.

“Tentu akan lebih khusyuk dilakukan, daripada hilir mudik di jalanan yang rawan gangguan.”

Dikatakan, polisi akan melakukan cluster terhadap pengamanan, misalnya wilayah Kerjo, Jenawi dan Ngargoyoso melakukan aksi bersama sehingga tiga wilayah Polsek tersebut bisa saling koordinasi untuk melakukan patroli.

Selain itu polisi juga tetap melakukan penyekatan lalu lintas di Tawangmangu depan terminal dan di perbatasan Cemorokandang untuk mengamankan takbiran keliling dan juga secara khusus melakukan penyekatan untuk pemudik yang kemungkinan melintas di tempat tersebut.

“Hanya kendaraan barang yang boleh melintas. Selain itu tidak bisa, silahkan balik kanan,” tegas Wayan.

Sementara itu untuk menghindari adanya kemungkinan, polisi juga akan membantu Satpol PP melakukan pengamanan saat sallat Ied di Alun-alun dengan imam dan khatib Bupati Juliyatmono.

Sebab dikhawatirkan tempat akan membeludak, pada hal physical distancing harus tetap dilakukan. Dan pada saat itu juga dilakukan pembagian masker bagi yang tidak memakai masker.(Joko DH)

Editor : Budi Sarmun

 

Tinggalkan Pesan