Waspadai Gelombang Tinggi di Perairan Laut Selatan, Air Laut Masuk Perkampungan

gelombng+-tinggi-laut-selatan
FOTO/medsos

PACITAN,suaramerdekasolo.com – Informasi cuaca pada Selasa (26/5) dikabarkan dan gelombang tinggi di laut kidul (laut selatan) hingga gelombang masuk perkampungan.

Tinggi gelombang bervariasi mulai 2-3 meter dan berlangsung sore hari.

Seperti yang disampaikan sejumlah akun instgram di Kota Solo menyebutkan, situasi pantai Jogja, Gunung kidul & beberapa lokasi lainnya.

“Mohon tunda dulu jangan main ke pantai ya..
Situasi Pantai Saat ini

Masyarakat yang bermukim di wilayah pesisir diharapkan lebih waspada dan berhati-hati. Mengingat saat ini gelombang tengah tinggi di perairan Pacitan,” terang status @_infocegatansolo

Dalam akun yang sama disebutkan dalam sebuah video yang beredar, di kawasan Pantai Pancer Door, Kecamatan Pacitan, air laut tumpah sampai ke daratan. Bahkan beberapa pohon yang difungsikan sebagai green belt di tepian pantai, tumbang tersapu ombak yang meluber,” begitu dikutip,” @pacitanku.

Sementara itu dilansir dari republika.co.id disebutkan, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisikan (BMKG) Stasiun Meteorologi Cilacap, Jawa Tengah, mengingatkan warga di pesisir selatan Jawa Tengah untuk mewapadai terjadinya gelombang tinggi selama beberapa hari terakhir.

Kepala Kelompok Teknisi BMKG Stasiun Meteorologi Tunggul Wulung Cilacap, Teguh Wardoyo menyebutkan, kemungkinan terjadinya bencana rob, mengingat gelombang tinggi kerap diikuti dengan gelombang pasang air laut.

”Ketinggian gelombang laut di selatan Jawa bisa mencapai 4-5 meter. Gelombang laut setinggi itu tidak hanya membahayakan aktivitas pelayaran, tapi juga bisa menimbulkan rob di kawasan pantai selatan,” jelasnya, Selasa (26/5).(*)

Editor : Budi Sarmun

 

Tinggalkan Pesan