Suasana Terkini Terminal Tipe A Tirtonadi Surakarta Lengang, Segelintir Penumpang Masuk Terminal

sterilisasi-virus-corona-terminal-tirtonadi2
SEMPROT DESINFEKTAN : Petugas dari DLH Pemkot Surakarta menymnprotkan cairan desinfektan ke ruang tunggu Terminl Tipe A Tirtonadi Surakarta untuk pencegahan penyebaran virus corona, Senin(16/3). (suaramerdekasolo.com/Budi Santoso)


*Bus Jurusan Surabaya Jogja dan AKAP Belum Beroperasi

SOLO,suaramerdekasolo.com – Kondisi terkini Terminal Tipe A Tirtonadi Surakarta pasca-Lebaran masih lengang. Penumpang yang naik turun bus di terminal itu hanya segelintir saja. Bus yang beroperasi pun hanya jurusan dalam kota dalam provinsi (AKDP) dan operasionalnya juga terbatas.

Adapun bus lintas seperti bus jurusan Surabaya-Solo-Yogyakarta, Solo Purwokerto, Pekalongan atau bus antarkota antarprovinsi (AKAP) belum beroperasi.

Baca : Peduli Sesama Masa Wabah Corona, PPNPN Terminal Tirtonadi Bagikan 150 Bingkisan

Koordinator Terminal Tipe A Tirtonadi Surakarta, Joko Sutriyanto belum bisa memastikan kapan operasional bus-bus lintas kembali seperti sedia kala. Mengingat sejumlah wilayah seperti Surabaya masih memberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) hingga menyebabkan penghentian total aktivitas transportasi massal, khususnya bus.

“Saya belum bisa memastikan bus lintas beroperasi lagi. Hal ini tergantung kepada kebijakan pemerintah daerah dalam pemberlakuan angkutan umum massal selama pandemi Covid-19 ini,” kata joko saat ditemui di kantornya, Rabu (27/5).

Hanya saja Joko memastikan, pihak terminal tetap membuka pelayanan seperti sedia kala. Bahkan, petugas cleaning service dan petugas lainnya tetap disagakan. Fokus rutinitas petugas adalah pemeliharaan dan kebersihan terminal termasuk menjaga aset-aset dan keamanan di terminal.

“Kalau petugas di terminal tetap masu seperti biasanya,” imbuhnya.

Baca : Masuk Terminal Tirtonadi Pemudik Wajib Ikuti Aturan Ini

Lebih lanjut Joko mengungkapkan, informasi terakhir yang diterimanya angkutan umum massal yang melayani bus lintas Surabaya – Solo – Jogja yakni Sumber Group, Mira, Eka, PO Handoyo dan PO lainnya dari Surabaya dan daerah Jatim masih belum menjalankan armada busnya.

“Malahan informasi terakhir malah Kota Surabaya di perpanjang PSBB-nya, yang jelas itu juga menjadi dasar bus lintas belum beroperasi,” imbuhnya.

Sebelumnya diberitakan, armada bus yang dijalankan Sumber Group berhenti total sejak 28 April 2020.

“Mohon maaf, sehubungan dengan adanya penerapan PSBB di wilayah Surabaya dan sekitarnya, maka mulai 28 April 2020 sampai dengan pemberitahuan lebih lanjut, kmi terpaksa tidak beroperasi,” kata manajeman Sumber Group.

Baca : Terminal Tirtonadi Peduli, Bagikan Kebutuhan Pencegahan Corona kepada Komunitas

“Kami akan tetap setia melayani setulus hati di kesempatan pertama,” imbuh manajmen Sumber Group.

Tak hanya PO Sumber Group yang menjalankan bus seperti Sumber Selamat, Sugeng Rahayu patas dan tarif basa saja.

Sejumlah PO bus yakni, Mira, Eka, juga terlihat tidak menjalankan unit busnya. (Budi Santoso)

Baca : Tingkatkan Kekebalan Tubuh Staf Terminal Tirtonadi Mandi Sinar Matahari

Editor : Sri Hartanto

 

Tinggalkan Pesan