Kampung Siaga Covid-19 Jadi Sarana Kenali Lingkungan, Di Karanganyar Ada 34 Kampung

0
kampung-siaga-jateng1
FOTO/DOK

KARANGANYAR, suaramerdekasolo.com – Polda Jateng membentuk Kampung Siaga Covid-19 di 35 kabupaten/kota se-Jateng. Ada 284 Kampung Siaga Covid-19 yang dibentuk untuk menekan penyebaran pandemi corona, sekaligus mendukung kebijakan pemerintah menuju new normal.

Di Karanganyar, ada 34 kampung yang dijadikan Kampung Siaga Covid-19, di mana 24 lokasi sudah terbentuk.

Sejak April lalu, pembentukannya sudah dilakukan oleh jajaran Polres Karanganyar. Dua di antaranya di Lingkungan Manggeh Anyar dan Ngaliyan, di wilayah Kelurahan Lalung, Kecamatan Karanganyar, yang menjadi percontohan Kampung Siaga.

Manggeh Anyar dan Ngaliyan menjadi percontohan, karena kesiapan dan integritas warganya, dalam berpartisipasi mencegah penyebaran Covid-19.

Kapolres Karanganyar AKBP Leganek Mawardi mengapresiasi inisiatif masyarakat, dalam membantu mencegah penyebaran Covid-19.

“Kampung Siaga Covid-19 ini menjadi contoh, dalam upaya mencegah penyebaran penyakit corona. Masyarakat diwajibkan pakai masker. Masyarakat juga mengimbau, agar yang merantau tidak mudik. Berbagai bentuk kesiagaan ditunjukkan, dalam upaya mencegah penyebaran Covid-19,” katanya.

Pembentukan Kampung Siaga Covid-19 juga menjadi upaya, agar warga lebih mengenali lingkungannya lebih serius.

“Masyarakat bahu membahu, mencegah hal negatif masuk ke kampung,” tuturnya.

Pembentukan Kampung Siaga Covid-19, juga diapresiasi Bupati Karanganyar Juliyatmono. Menurutnya, bentuk kesiagaan di Kampung Siaga Covid-19, bisa diadopsi semua desa/kelurahan, dengan tidak mengabaikan potensi wilayahnya masing-masing.

“Kampung siaga ini intinya kan memunculkan kesadaran masyarakat, untuk bersama-sama menjaga wilayahnya. Salah satu bentuknya, dengan adanya siskamling. Ini benteng untuk keamanan wilayah,” imbuhnya. (Irfan Salafudin)

Editor : Budi Sarmun

Tinggalkan Pesan