Mahasiswa Asal Boyolali Jalani Ujian Skripsi Online di Nanjing University

0
mahasiswa-boyolali-skripsi-online
ONLINE: Mahasiswa Nanjing University asal Boyolali sedang mengikuti ujian skripsi secara online. (suaramerdekasolo.com/Joko Murdowo)

BOYOLALI,suaramerdekasolo.com – Sebanyak 10 mahasiswa asal Kabupaten Boyolali yang menempuh pendidikan di Nanjing University, Cina menjalani ujian skripsi secara daring atau online. Hal itu disebabkan adanya wabah Covid-19.

“Mereka merupakan pelajar Kabupaten Boyolali yang mendapatkan beasiswa perguruan tinggi ke Negeri Tirai Bambu tersebut,” ujar Kepala Bidang Kebudayaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Boyolali, Budi Prasetyaningsih, Rabu (3/6).

Dijelaskan, ujian skripsi sudah dilakukan secara daring dan terbagi dalam tiga tahap yakni Selasa (19/5), Rabu (20/5) dan Selasa (2/6/2020). Mereka adalah para mahasiswa semester akhir atau semester delapan.

“Seharusnya mereka ujian di Nanjing, Cina. Karena adanya Covid-19, mereka mengerjakan skripsi di Indonesia secara online.”

Dengan anggaran sebesar Rp 9 miliar, Pemkab Boyolali mengirimkan pelajar untuk menempuh pendidikan di luar negeri. Sebanyak 30 pelajar menempuh program sarjana dan sembilan orang menempuh program magister.

Salah satu mahasiswa, Riri Hita Istiana mengungkapkan bahwa dia dan teman-temannya telah kembali ke Indonesia saat liburan musim dingin di bulan Januarilalu. Dikarenakan adanya pandemi Covid-19, maka dia tetap berada di Indonesia.

Sesuai jadwal, seharusnya pada Mei lalu dia kembali ke Cina untuk mengikuti ujian skripsi. “Rencana bulan Mei harus kembali ke Cina untuk ujian, tetapi karena belum memungkinkan akhirnya ujian diputuskan ujian di Indonesia melalui daring atau online.”

Dia berharap, setelah pandemi Covid-19 berakhir dan lulus ujian, dia bisa mengimplemetasikan ilmu yang yang didapat untuk memajukan Kabupaten Boyolali. “Kami ingin secepatnya lulus dan bisa ikut memajukan Boyolali sesuai ilmu yang saya pelajari.” (Joko Murdowo)

Editor : Budi Sarmun

Tinggalkan Pesan