SD Muhammadiyah 1 Surakarta Gelar Evaluasi Pembelajaran Daring

1
SD-Muhammadiyah-1-Surakarta
BELAJAR DI RUMAH : Salah satus siswa SD Muhammadiyah 1 mengerjakan evaluasi akhir tahun di rumah masing masing. suaramerdekasolo.com/dok)

SOLO,suaramerdekasolo.com – SD Muhammadiyah 1 Surakarta mengadakan Evaluasi Akhir Tema (EAT) secara online untuk kewaspadaan terhadap penyebaran Covid-19.

 “Evaluasi berlangsung mulai Sabtu hingga Selasa (2-9/6). Sebelumnya, sekolah mengadakan rapat koordinasi antara pihak orangtua dan wali kelas secara online,” papar Kepala Sekolah Hj Sri Sayekti MPd melalaui Wakil Kepala bidang Humas Jatmiko.

Peserta didik mengerjakan ujian di rumah masing-masing menggunakan smartphone dan laptop. Link bisa diakses setiap hari mulai pukul 07.00 pagi – 06.00 pagi (23 jam).

Adapun muatan pembelajaran meliputi Al Islam/PAI, Hijaiyah/bahasa Arab, Jawa, Inggris, Matematika, tema 5-9 dan Kemuhammadiyahan. Khusus kelas 1-2 tidak ada evaluasi Kemuhammadiyahan.

”Kelas 1-5 ABCD evaluasi akhir tema semester II secara daring. Hal ini dilakukan karena sekolah masih diliburkan terkait pembatasan sosial untuk menghindari penularan Covid-19. EAT ini menjadi salah satu syarat penilaian untuk kenaikan kelas,” katanya.  

Langkah ini, kata dia, pembumian motto Sekolah Pendidikan Karakter Berbasis TIK dan Budaya Rujukan Nasional di era teknologi 4.0 yang semakin berkembang. 
Guru-guru sudah dilatih pegiat komputer Lilik Haryono SKom dalam pembuatan soal menggunakan Schoology. Tipe soal yang diujikan dalam bentuk pilihan ganda.
Setidaknya sebanyak 651 siswa mengerjakan satu mata pelajaran setiap hari kecuali hari Sabtu dan Kamis.
“Anak-anak mengerjakan di rumah, kita siapkan soalnya. Kita sudah ada simulasi. Jadi sudah ada antisipasi, misal Bahasa Arab kelas 4 dan 5 nilainya langsung bisa diketahui bersinergi dengan seluruh wali kelas untuk pengiriman kodenya,” katanya. 

Dipaparkan, dibutuhkan gotong royong berskala besar peran orangtua siswa memperlancar kegiatan sekolah secara online dan tidak melupakan kedisiplinan walaupun pengawasan secara online.

Rasya Muhammad Kelas 2 mengaku sangat senang. “Al hamdulillah, lancar asyik pakai Laptop, tapi agak kemrusung karena belum pernah dan harus cepat-cepar, deg-degkan sedikit panik, takut salah pencet lagi seperti saat latihan,” ucap Rasya.(Evie Kusnindya) 

Editor : Budi Sarmun


1 KOMENTAR

Tinggalkan Pesan