Penolakan Pengunduran Diri Achmad Purnomo Berdasarkan Rapat Konsolidasi DPC PDI Perjuangan

0
pdip-solo
TUNJUKKAN SURAT: Wakil Ketua Bidang Pemenangan Pemilu DPC PDI Perjuangan Surakarta, Putut Gunawan menunjukkan secara surat pernyataan DPC PDI Perjuangan terkait penolakan pengunduran diri Achamd Purnomo sebagai balon wali kota PDI Perjuangan Surakarta, Minggu (7/6). (suaramerdekasolo.com/Budi Santoso)

SOLO,suaramerdekasolo.com – Pengunduran diri Achmad Purnomo sebagai Bakal Calon (balon) Wali Kota Surakarta dari PDI Perjuangan yang ditolak oleh DPC PDI Perjuangan merupakan keputusan resmi partai.

Sebelumnya partai terbesar di Kota Solo ini menggelar rapat pengurus mulai dari ranting sampai cabang. Hasil keputusannya resmi menolak surat pengunduran Achmad Purnomo sebagai bakal calon Wali Kota Solo dalam Pilwakot mendatang.

“Pengunduran diri Achmad Purnomo sebagai Balon Wali Kota Surakarta, ditolak!. Pertimbanganya ada berdasarkan dinamisasi Solo akhir-akhir ini, belum keluarnya rekomendasi dari DPP tentang nama pasangan cawali, dan tentu sikap dari pengurus PDI Perjuangan mulai dari ranting sampai cabang,” tegas Putut Wakil Ketua Bidang Pemenangan Pemilu DPC PDI Perjuangan Surakarta, Putut Gunawan saat membacakan pernyataan sikap DPC PDI Perjuangan menanggapi surat pengunduran diri Achmad Purnomo dalam kegiatan temu wartawan di sekretariatan DPC PDI Perjuangan kawasan Brengosan, Purwosari, Laweyan, Solo, Minggu (7/6).

Baca : Berjibaku Lawan Covid-19, Achmad Purnomo Nyatakan Mundur dari Pencalonan Cawali

Hadir dalam pengemumuan tersebut jajaran pengurus pengurus partai, kader dan simpatisan serta tim seleksi dan rekrutmen bakal calon wali kota dan wakil walikota DPC PDIP Surakarta.

“Apalagi ada keputusan pemerintah yang menyatakan, bahwa pelaksanaan pilkada langsung tetap dilaksanakan tahun ini (2020), sehingga perlu kami sampaikan pernyataan ini,” imbuh Putut.

Terpisah, Sekretaris DPC PDI Perjuangan Surakarta Tegus Prakosa yang ditemui di sekretariatan DPC PDI Perjuangan menambahkan, keputusan penolakan Achmad Purnomo sebagai balon wali kota sudah melalui rapat-rapat internal di DPC PDI Perjuangan.
Menurutnya, selama belum ada rekomendasi dari DPP PDI Perjuangan tentang siapa saja yang ditunjuk sebagai cawali-cawawali, maka duet Achmad Purnomo dan Teguh Prakosa yang diajukan DPC ke DPP tetap menjadi usulan DPC.
“Ya, kita belum mendengar apalagi mengetahui, oh (cawali/cawali-red) kudune si A, si B, si A, dengan si C. Ya intinya (DPC PDI Perjuangan) Solo sudah yakinlah. Struktur sudah yakin selesai. Tinggal menyetel siapa yang berpasangan dengan siap,” tegas Teguh.

Baca : Mega Bintang : Achmad Purnomo Lebih Terhormat Mundur dari Kancah Politik Praktis

Seperti diketahui, balon asal PDI Perjuangan Achmad Purnomo resmi mengundurkan diri dari Pilkada 2020. Ia beralasan, waktu pelaksanaan Pilkada tidak tepat lantaran saat ini penanganan pandemi Covid-19 belum tuntas.

“Surat (pengunduran diri) sudah saya serahkan kepada Pak Rudy (Ketua DPC PDI Perjuangan FX Hadi Rudyatmo) Kamis (28/5),” ungkap Wakil Wali Kota (Wawali) petahana tersebut.

Saat ini Purnomo masih menunggu pembahasan pengunduran dirinya tersebut oleh DPC. Seandainya keputusan tersebut disetujui DPC, maka surat itu akan dikirimkan DPC kepada pimpinan pusat partai.

“Kalau dikabulkan ya sesuai harapan saya. Kalau tidak, saya tetap menaati perintah partai sebagai kader.” (Budi Santoso)

Baca : Ribuan Sahabat Puguh, Dukung Pasangan Achmad Purnomo Teguh Prakosa Maju Dalam Pilwakot Solo 2020

Editor : Sri Hartanto

Tinggalkan Pesan