Pengaktifan Badan Ad Hoc Pilbup 2020 Mulai Lagi 15 Juni

0
pilkada-serentak-indonesia
FOTO ILUSTRASI/tribun


SRAGEN,suaramerdekasolo.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sragen bakal mengaktifkan kembali Badan Ad Hoc, penyelenggara Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati (Pilbup) 2020. Pengaktifan kembali Badan Ad Hoc dijadwalkan pada 15 Juni mendatang.

Namun untuk pengaktifan kembali Badan Ad Hoc tersebut, KPU Sragen masih menunggu lebih lanjut dari pusat termasuk Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU).

“Kami siap tetapi masih menunggu PKPU untuk mengaktifkan Badan Ad Hoc penyelenggara Pilbup Sagen 2020,” kata Ketua KPU Sragen Minarso kepada Suara Merdeka, Senin (8/6).

Badan Ad Hoc itu mulai Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) di tingkat kecamatan, Panitia Pemungutan Suar (PPS) di tingkat desa dan kelurahan serta Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPP).

Minarso mengatakan, untuk pelaksanaan Pilbup 2020 yang akan digelar pada 9 Desember mendatang, KPU Sragen juga bakal memperoleh tambahan anggaran Rp 3 miliar, dari anggaran sebelumnya Rp 24,3 miliar. Tambahan anggaran itu dipergunakan untuk penambahan Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Menurut dia, sebelumnya bakal ada 1.644 TPS yang akan dipergunakan saat coblosan Pilbup 2020 mendatang, kemudian bertambah menjadi 2.271 TPS.

Dimana sebelumnya setiap TPS maksimal 800 orang pemilih, namun kemudian ada ketentuan baru setiap TPS maksimal hanya 500 orang pemilih.

“Karena ada ketentuan tersebut, jumlah TPS di Pilbup 2020 bertambah dari 1.644 TPS menjadi 2.271 TPS. Tambahan anggaran Rp 3 miliar untuk biaya tambahan TPS yang akan dipergunakan,” tandas Minarso.

Hal senada juga dikemukakan Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Sragen Dwi Budhi Prasetya. Pihaknya akan mengaktifkan kembali para petugas, yang dinonaktifkan hampir tiga bulan lamanya, mulai Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) dan Panitia Pengawas Desa (PPD).

Namun pengaktifan itu juga masih menunggu instruksi dan petunjuk dari pusat, dalam hal ini Bawaslu RI.

“Kami siap mengaktifkan kembali para pengawas, sebab 15 Juni mendatang tahapan Pilbup 2020 sudah mulai lagi,” kata Budhi. Pihaknya juga sudah melakukan koordinasi dengan KPU Sragen, terkait rencana KPU menghadapi tahapan lanjutan pelaksanaan Pilbup 2020. (Basuni Hariwoto)

Editor : Budi Sarmun

Tinggalkan Pesan