Donor Darah Lintas Agama Diikuti Ratusan Pendonor

0
donor-darah-wonogiri
DONOR DARAH : Para pendonor menyumbangkan darahnya di kantor Unit Donor Darah (UDD) PMI Kabupaten Wonogiri, Rabu (24/6). (suaramerdekasolo.com/Khalid Yogi)

WONOGIRI,suaramerdekasolo.com – Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) dan PMI Kabupaten Wonogiri menggelar donor darah di kantor Unit Donor Darah (UDD) PMI Wonogiri, Rabu (24/6). Lebih dari seratus orang dari berbagai agama ikut mendonorkan darahnya.

Ketua FKUB Kabupaten Wonogiri Sutopo Broto mengungkapkan, kegiatan tersebut merupakan donor darah lintas agama yang diikuti lima pemeluk agama di Wonogiri. “Sebetulnya ini bukan yang pertama. Karena sebelumnya sering dilaksanakan donor darah, tapi masih sektoral secara sendiri-sendiri oleh masing-masing organisasi keagamaan,” katanya.

Oleh karena itu, FKUB Wonogiri mengadakan kegiatan donor darah yang bisa diikuti seluruh organisasi keagamaan. Hal itu menindaklanjuti surat dari FKUB Provinsi Jateng yang mengacu dari surat Gubernur Jateng. FKUB Jateng mengimbau supaya FKUB di tingkat kabupaten mengadakan donor darah bersama-sama selama bulan Juni.

FKUB Wonogiri kemudian menghubungi organisasi-organisasi umat lintas agama. Hasilnya, lebih dari 100 pendonor mengikuti kegiatan donor darah tersebut.

Pihaknya berharap, kegiatan serupa ke depan dapat lebih disempurnakan. Donor darah lintas agama rencananya diadakan secara rutin tiga bulan sekali. “Tujuan utamanya untuk mencukupi kebutuhan darah di Wonogiri,” terangnya.

Selain menggelar donor darah lintas agama, FKUB Wonogiri juga melaksanakan beberapa kegiatan lain. Antara lain menyosialisasikan mengenai peraturan bersama Menteri Agama dan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) melalui berbagai macam forum. FKUB dapat memberikan rekomendasi pendirian tempat ibadah.

“Kalau ada yang mengajukan izin pendirian tempat ibadah, FKUB akan melakukan pengecekan yang diikuti lintas agama. Itu sekaligus silaturahmi di antara umat, sehingga kerukunan benar-benar tercipta,” ujarnya. (Khalid Yogi)

Editor : Budi Sarmun

Tinggalkan Pesan