Tahapan Pilwakot Solo Berjalan, Parpol Mulai Merapat ke Gibran

gibran-rakabuming-diah-warih2

SOLO,suaramerdekasolo.com – Sejumlah parpol pemilik kursi di DPRD Kota Surakarta mulai merapatkan barisan dalam menatap pemilihan wali kota (pilwakot) Solo 2020. Di antara partai yang sudah menyatakan siap memberikan dukungan kepada salah satu bakal calon wali kota kepada Gibran Rakabuming Raka adalah Partai Golkar, Gerindra dan PAN, serta PSI.

Ketua DPD II Partai Golkar Kota Surakarta Maria Sri Sumarni mengaku meski pihaknya masih menunggu surat resmi dari DPP terkait dukungan kepada Gibran. Bagi Golkar Gibran bukan nama asing di Kota Solo. Bahkan beberapa tokoh sentral Partai Golkar di Solo juga sempat secara pribadi menyatakan dukungan kepada bakal calon Walikota muda tersebut.

“Golkar Solo mengikuti prosedur dulu. Dari DPP nanti turun ke DPD I trus DPD II. Kemudian ada hitam diatas putih, baru itu dinyatakan resmi. Kalau belum ada hitam diatas putih kita belum berani memberikan statemen lagi. Tetapi setiap rapat internal memang nama Mas Gibran sering disebut,” tegasnya.

Baca : Penyelidikan Diperdalam, Penjagaan Mapolres Karanganyar Diperketat

Ketua DPC Partai Gerindra Surakarta Ardianto Kuswinarno saat ditemui dikediamannya, Selasa (23/6) menyatakan hal yang sama. Partainya sudah sejak lama memberikan dukungan kepada putra sulung Presiden Joko Widodo sebagai calon kepala daerah Kota Solo.

“Bahkan Pak Prabowo (Prabowo Subianti, Ketum Partai Gerindra-red) memberikan dukungannya juga kepada Mas Gibran,” terang Ardianto. Sama seperti Partai Golkar, Gerindra Solo pun masih menungu rekomendasi resmi dari DPP untuk menyatakan dukungannya.

Sementara itu, secara terpisah, Sekjen DPW PAN Jateng Umar Hasyim yang dijumpai, Rabu (24/6) menyatakan, dukungan PAN kota Solo ke Gibran bisa saja diberikan. Hanya saja, ada proses-proses pembicaraan ditingkatan DPD yang dihadiri DPW untuk memberikan dukungan tersebut.

Baca : Solidaritas Bawaslu Solo Lawan Corona, Gandeng PMI Gelar Donor Darah

“Kalau suara-suara dukungan memang sudah keluar dari DPD PAN, bahkan ada yang mengusulkan adanya duet Gibran-Achmad Purnomo. Namun demikian, keputusan itu belum resmi, dan ada tahapan-tahapannya,” imbuhnya.

Begitupula dengan Ketua DPC PSI Surakarta Antonius Yogo Prabowo. Ia mengatakan, partainya menjadi satu-satunya partai yang mendukung Gibran dalam pilkada Solo.

“Kami konsisten dari awal sampai nanti mendukung Mas Gibran maju pilwalkot. Semangat kita adalah memberi ruang anak muda sebesar-besarnya untuk membangun bangsa dan negara ini,” kata dia.

Sementara itu, Gibran saat dikonfirmasi tentang dukungan dari sejumlah partai terhadap dirinya dalam pilwakot mengaku bersyukur.

“Saya ucapkan terima kasih atas dukungan ini.” Gibran mengaku masih menunggu kabar tentang rekomendasi dirinya maju dalam pilwakot dari DPP PDI Perjuangan.

Baca : Tak Pakai APD, Petugas Pemilu Bisa Disemprit Bawaslu

Sebelumnya diwartakan, Solo Raya Polling mengeluarkan hasil survei popularitas bakal calon Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mengungguli bakal calon wali kota yang ditugaskan DPC PDI-P, Achmad Purnomo.

Dari hasil survei tersebut popularitas Gibran 99 persen. Sedangkan Purnomo 94 persen. Kemudian disusul nama bakal calon wakil wali kota Teguh Prakoso 74 persen, Ketua DPRD Surakarta Budi Prasetyo 39 persen, bakal calon wali kota jalur independen Bagyo Wahyono 26 persen, dan terakhir bakal calon wakil wali kota jalur independen FX Supradjo 20 persen. (Budi Santoso)

Editor : Sri hartanto

 

Tinggalkan Pesan