Jangan Sampai Pilkada Menambah Klaster Baru Covid-19

indeks-kerawanan-pilkada-2020
KETERANGAN PERS :Komisioner Bawaslu Kota Surakarta memberikan keterangan terkait hasil Indeks Kerawanan Pemilu Kota Solo 2020. (suaramerdekasolo.com/Budi Santoso)

*Indeks Kerawanan Pemilu Kota Surakarta Kategori Sedang

SOLO,suaramerdekasolo.com – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Surakarta merekomendasikan dua hal terkait pelaksanaan pilkada (Pemilihan Wali Kota-Pilwakot) Solo 2020.

Salah satu rekomendasi yang disampaikan komisioner Bawaslu Surakarta dalam acara jumpa pers, Jumat (3/7/2020) adalah berkait pelaksanaan pilkada yang bersamaan dengan pandemi Covid-19.

“Dan jangan sampai pilkada (pilwakot-red), justru menambah klaster baru Covid-19 (klaster penyelenggara-red). Sehingga perlu menegakkan aturan protokol kesehatan, social distancing yang ketat pada setiap tahapan pilkada. Lalu penyediaan area lokasi TPS diterapkan sesuai dengan ketentuan luasan dan manajemen pengaturan kehadiran pemilih berikut alat kelengkapan TPS sekali pakai,” terang Ketua Bawaslu Kota Surakarta, Budi Wahyono.

Budi yang juga didampingi dua komisioner bawaslu lainnya, mengatakan, meski masih dalam masa pandemi Covid-19, pelaksanaan pilkada agar tetap berjalan ideal sehingga demokrasi tetap berjalan demokratis.

Ia mengungkapkan, tantangan pesta demokrasi dalam masa pandemi semacam ini tentu saja turut serta menyumbang sebuah kerawanan.

Pasalnya berdasarkan, empat kategori Indeks Kerawanan Pemilu (IKP) yakni konteks sosial, politik, dukungan infrastruktur, dan pandemi. Khusus Kota Surakarta dalam kategori sedang antara 40-50, dimana yang tertinggi di atas 50.

“Ya memang dalam konteks pandemi Kota Solo bisa dikatakan dalam kategori relatif tinggi. Namun secara komulatif rata-rata Kota Surakarta dapat disimpulkan dalam kategori sedang,” imbuhnya. (Budi Santoso)

Berikut ini IKP Pilkada 2020 Masa Covid-19 di Kota Surakarta

  1. Konteks Sosoial 44,44
  2. Konteks Politik 41,51
  3. Dukungan Infrastruktur 43,90
  4. Konteks Pandemi 55,08

Editor : Sri Hartanto

 

Tinggalkan Pesan