Akabri ’89 Kompak, Baksos ke Seluruh Negeri

BAKTI SOSIAL- Alumni Akabri '89 secara simbolis melaksanakan bakti sosial (Baksos) di Mako 2 Polresta Surakarta, Sabtu (4/7) dengan mendistribusikan 10.000 paket sembako yang diperuntukkan bagi warga. (suaramerdekasolo.com/Sri Hartanto)

SOLO, suaramerdekasolo.com- Pandemi covid-19 berdampak di berbagai sektor perekonomian. Warga masyarakat sangat merasa terkena dampaknya.

Kondisi seperti ini rupanya menjadi perhatian dari para Alumni Akabri Tahun angkatan 1989 untuk berbagi dalam rangka membantu meringankan masyarakat.

Wujud nyata yang dilakukan melakukan bakti sosial (Baksos) ke berbagai wilayah di Indonesia. Para alumni Akabri dengan cara gotong royong melaksanakan baksos di Kota Solo dan daerah lain. Ada sebanyak 10.000 paket sembako, Sabtu (4/7) didistribusikan di tiga titik Kota Solo dan di wilayah Sragen.

Secara simbolis pelaksanaan baksos berlangsung di halaman Mako 2 Polresta Surakarta.

Perwakilan Alumni Akabri 89, Mayjen TNI Herry Wiranto, menjelaskan kegiatan baksos yang terus dilakukan para alumni Akabri ’89 mampu meringankan beban masyarakat yang terdampak pandemi.

Perwira tinggi TNI yang menjabat Aspers KASAD itu memaparkan, bantuan tersebut menyasar bagi para korban PHK, marbot masjid, panti jompo, pesantren, yatim piatu. Lalu juga driver ojek online dan ojek pangkalan, kaum disabilitas, manusia gerobak, purnawirawan atau warakawuri, dan masyarakat yang membutuhkan.

Jenderal bintang dua dipundak itu melanjutkan, pembagian sembako dari alumni Akabri 1989 ini menjadi rangkaian yang sebelumnya telah digelar di seluruh Indonesia mulai Jakarta, Sumatra, Kalimantan, Sulawesi, NTB termasuk di sejumlah Kabupaten atau di kota di Jawa Tengah, diantaranya di Kota Solo.

Pada kesempatan yang sama, Kapolda Jateng, Irjen Pol Ahmad Luthfi saat memberikan sambutan berharap kegiatan tersebut bermanfaat khususnya bagi masyarakat terdampak. Baksos, lanjutnya, juga menjadi tolak ukur bagi pengabdian TNI-Polri untuk masyarakat, bangsa dan negara.

Kakorbinmas Polri Irjen Pol Risyaudin menambahkan, selain di Surakarta, paket sembako juga dibagikan di wilayah lain di Jawa Tengah seperti Semarang dan Demak. Adapun teknisnya alumni Akabri ’89 berkoordinasi dengan Polda Jateng untuk menyasar masyarakat yang belum mendapatkan bantuan dari Pemerintah sehingga tepat sasaran.

”Wilayah Jawa Tengah sebetulnya untuk wilayah Semarang sudah kita distribusikan 2.500, masing polres Semarang, Demak dan perwakilan polres polres di Jawa Tengah, dan saat ini kita di Solo dalam rangka membantu masyarakat kurang lebih 10.000 yang didistribusikan di tiga titik maupun satu titik lainnya di daerah Sragen,” paparnya.

Dalam giat baksos yang dilaksanakan di Kota Solo, selain Herry, turut hadir Aslog Kapolri Irjen Pol Ahmad Dhofiri, Kakorbimmas Irjen Pol Risyapudin Nursin, Dirkamsel Korlantas Polri Brigjen Pol Chryshnanda Dwilaksana, serta sejumlah alumni Akabri 89 lainnya. (Sri Hartanto)

Editor : Budi Sarmun

 

Tinggalkan Pesan