Didi Kempot Wariskan Tembang “Konco Kenthel”

konco-kenthel-didi-kempot
LAUNCHING : Sobat Ambyar dari berbagai kota duduk lesehan menyaksikan video klip "Konco Kenthel" yang dilaunching di halaman tengah Museum Lokananta, Sabtu (4/7) malam. (suaramerdekasolo.com/Irfan Salafudin)

SOLO, suaramerdekasolo.com. Penyanyi Didi Kempot memang sudah wafat pada 5 Mei 2020 lalu. Namun dia masih memiliki warisan beberapa lagu yang sudah direkam, namun belum sempat dirilis.

Salah satunya lagu “Konco Kenthel”, yang dibuatnya pada saat cuti manggung sekian waktu akibat pandemi Covid-19. Tiga lagu lainnya, yakni “Tamba Teka Lara Lunga”, “Aja Mudik” dan “Kapusan Janji” yang dinyanyikan duet dengan Yuni Shara, juga ditulisnya pada masa cuti manggung.

Nah, lagu “Konco Kenthel” pada Sabtu (4/7) malam lalu, diluncurkan. Video klip-nya yang dibuat pascawafatnya Lord Didi diperkenalkan pada ratusan Sobat Ambyar dari 25 kota, yang menghadiri seremoni peluncuran lagu tersebut di halaman tengah Museum Lokananta.

Yang menarik, lagu yang menceritakan tentang kekancan nganti kenthel alias persahabatan tersebut, ditulis sang maestro musik campursari tersebut sebagai penghormatannya terhadap Presiden Jokowi, yang berasal dari Solo untuk Indonesia.

Namun dalam perjalanannya, lagu tersebut dijadikan icon produk kecap Lombok Gandaria buatan Loganfood, di mana Didi Kempot juga menjadi brand ambassador-nya.

Blonthank Poer dari Sobat Ambyar Solo mengungkapkan, Didi Kempot pernah bercerita bahwa lagu “Konco Kenthel” ditulis sebagai apresiasi terhadap Presiden Jokowi.

“Itulah kenapa, di lagu tersebut terdapat lirik “dari Solo untuk Indonesia”. Namun dalam perjalanannya, ketika lagu ini dijadikan ikon dari produknya Loganfood, Mas Didi menambahkan satu baris syair di bagian akhir lagu yang sesuai dengan produk terkait,” tuturnya.

Dalam peluncuran lagu dan videoklip lagu tersebut, para Sobat Ambyar terlihat larut dalam kenangannya tentang Didi Kempot. Berkali-kali, mereka meneriakkan yel-yel “Didi Kempot is Wonderfull” di berbagai kesempatan.

Acara malam itu dipungkasi dengan penampilan Arda, penyanyi cilik tunanetra yang diorbitkan oleh Didi Kempot lewat lagu “Tatu” dan “Kagem Ibu”. (Irfan Salafudin) 

Editor : Budi Sarmun

 

Tinggalkan Pesan