Server Pusat Sempat Padam, Waktu UTBK Ditambah

UTBK-2019

SOLO,suaramerdekasolo.com – Kendala teknis terjadi saat pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) gelombang I sesi pertama yang digelar di kampus UNS, Minggu (5/7).

Rektor UNS Prof Jamal Wiwoho mengakui adanya gangguan teknis tersebut saat ia bersama panitia meninjau pelaksanan UTBK di sejumlah lokasi, yakni server yang sempat padam selama sekitar 20 menit.

Kendala teknis itu berasal dari server pusat penyelenggaraan UTBK yang berada di Iniversitas Padjajaran sehingga gangguan terjadi secara nasional. Prof Jamal menyatakan belum memperoleh informasi penyebab gangguan tersebut. Namun yng jelas ia memastikan jika peserta memperoleh tambahan waktu 20 menit sesuai lamanya gangguan sehingga tidak dirugikan.

Prof Jamal mengemukakan, Pusat UTBK UNS menyediakan fasilitas kesehatan untuk mencegah penyebaran Covid-19. Seluruh panitia dilengkapi dengan Alat Pelindung Diri (APD).

“Peserta UTBK diberi fasilitas sarung tangan gratis. Seluruh lokasi ujian dilengkapi dengan thermogun, hand sanitizer, wastafel, dan ruang transit peserta yang ditata sesuai protokol kesehatan. Tata ruang UTBK diatur sedemikian rupa untuk menjaga jarak antar peserta minimal 1,5 meter arah kanan-kiri dan depan-belakang. Ini dilakukan supaya tidak menjadikan cluster baru Covid-19,” ujarnya.

Prof Jamal menambahkan, peserta yang menghadapi situasi force majeur sehingga tidak dapat mengikuti UTBK gelombang I dan II wajib lapor kepada Pusat UTBK UNS dengan menyertakan bukti. Setelah laporan tersebut terverifikasi, mereka dapat mengikuti UTBK Tahap Cadangan 30 Juli – 2 Agustus 2020.

Dijelaskan, jumlah total peserta yang terdaftar di Pusat UTBK UNS yaitu sebanyak 23.425 orang yang berasal dari 30 provinsi. Jumlah tersebut terdiri dari 16.658 peserta atau 71 persennya berasal dari eks Karisidenan Surakarta. Kemudian sisanya 6.767 peserta atau 29 persennya berasal dari luar eks Karesidenan Surakarta. (Evie K)

Editor : Budi Sarmun

 

Tinggalkan Pesan