Ditemukan Situs Kuno *Mungkinkah Peninggalan Kerajaan Kediri

situs-kuno-kediri
SITUS KUNO-Telah ditemukan situs kuno oleh warga di Dusun Lestari, Desa Wonorejo, Kecamatan Puncu, Kabupaten Kediri, Provinsi Jawa Timur, beberapa hari lalu, setelah terjadi longsor. (suaramerdekasolo.com/dokumentasi)

JAWA TIMUR, suaramerdekasolo.com- Baru saja ditemukan situs kuno yang berada di Dusun Lestari, Desa Wonorejo, Kecamatan Puncu, Kabupaten Kediri, Provinsi Jawa Timur. Lokasi situs, terletak di 25 derajat ke arah tenggara sekitar 300 meter dari pinggiran Dusun Lestari.

Berdasarkan geografisnya, letak situs tepatnya di jalur aliran lahar atau corah dari Gunung Kelud yang menuju tepat ke arah Dusun Lestari. Di posisi kurang lebih 6 meter dasar corah dan tiga meter di bawah tanggul.

Menurut Ketua Yayasan Forum Budaya Mataram (FBM), BRM Kusumo Putro SH MH, awal mula ditemukannya situs tersebut, usai longsornya tanggul sisi timur corah yang memang dalam setiap harinya dilakukan penggalian tanah untuk tanah uruk secara ilegal. Sehingga butuh perhatian khusus dari dinas atau kewenangan terkait agar situs tersebut dapat dilakukan penelitian untuk dapat segera diselamatkan.

Apabila tidak segera mendapatkan perhatian, lanjut dia, dikhawatirkan situs itu akan terus terbawa longsor akibat penggalian yang dilakukan secara terus menerus.

Situs tersebut diperkirakan peninggalan pada zaman kerajaan Kediri atau lainnya, hanya saja belum bukti penelitian dari dinas atau kewenangan terkait yang dapat mengarahkan pada zaman kerajaan mana.

Situs kuna yang berbentuk gapura, kata BRM Kusumo Putro, sekilas hanya berbentuk seperti pucuk sebuah gapura perbatasan wilayah, namun setelah diperhatikan secara saksama, di sekitar ada rentetan sebuah pondasi bangunan dan bahkan ada beberapa batu bata yang terbawa aliran longsor.

Warga memprediksi bangunan ini memiliki area yang cukup luas sampai berada di bawah lahan yang di sekitar tanggul. Warga sangat berharap untuk segera mendapatkan perhatian dari dinas terkait.

Dia menambahkan, dengan keberadaan situ kuno tersebut, semoga Pemerintah Daerah dan Pusat segera ada perhatian khusus dan melakukan penelitian secara mendalam serta pelestarian terkait situs tersebut sebagai wujud penghargaan pemerintah dan negara terhadap peninggalan cagar budaya warisan leluhur agar segera terkuak misteri peradaban dan sejarah tempat tersebut dimasa lalu. (Sri Hartanto)

Editor : Budi Sarmun

 

Tinggalkan Pesan