Kapolresta Silaturahmi dengan Kru SM Solo

kunjungan-kapolresta-solo-suara-merdeka
BERKUNJUNG : Kapolresta Surakarta Kombespol Andy Rifai (tengah) berfoto bersama Kepala biro Solo Metro Sri Hartanto saat berkunjung ke kantor Solo Metro Suara Merdeka, Selasa (7/7). (suaramerdekasolo.com/Yoma Times)

SOLO,suaramerdekasolo.com – Kapolresta Surakarta Kombes Pol Andy Rifai SIK MH bersilaturahmi dengan awak Suara Merdeka (SM) di kantor SM Perwakilan Surakarta, Selasa (7/6/2020). Dalam kesempatan tersebut, Kapolres yang didampingi sejumlah petinggi di jajaran Polres ditemui oleh Kepala Biro Suara Merdeka Surakarta Sri Hartanto dan sejumlah kru SM.

Kapolres yang memilih berbincang santai di halaman belakang kantor SM tersebut menyoroti mengenai masih masifnya penyebaran informasi hoaks di kalangan masyarakat, terutama melalui media sosial. Salah satu penyebabnya adalah hujan informasi yang diterima masyarakat dan diterima secara mentah mentah, tanpa disaring.

Upaya untuk memerangi hoaks menurutnya sudah banyak dilakukan. Salah satunya adalah dengan menggandeng dan menjalin kerjasama dengan media mainstream yang dalam menyajikan informasi sudah melakukan berbagai tahapan penyaringan. Dengan informasi tersebut diharapkan mampu membendung penyebaran hoaks.

“Kerjasama yang erat dengan media dapat membantu petugas kepolisian dalam mencegah dan mengantisipasi penyebaran berita bohong alias hoaks yang masif di media sosial (medsos),” kata Kapolres.

Dikemukakan, kunjungan Kapolres beserta sejumlah jajarannya ke kantor Suara Merdeka bertujuan untuk menjalin kedekatan dengan awak media. Karena keberhasilan tugas jajaran kepolisian tidak lepas dari peran media.

Kapolres mengemukakan kerjasama yang bersinergis sangat penting dalam membangun berbagai tugas pokok dan fungsi yang positif bagi kepolisian.

“Hoaks itu membuat masyarakat kebingungan, menyesatkan dan berprovokatif, terlebih yang beredar di masyarakat. Makanya kami berupaya terus untuk membendung agar hoaks tak semakin merajalela. Masyarakat juga harus membiasakan diri untuk melakukan saring sebelum sharing, ” paparnya.

Sementara itu Sri Hartanto mengemukkan jika pengelola media sekarang ini semakin selektif dan berhati hati dalam menyajikan informasi. Hal itu dilakukan dengan berbagai proses penyaringan seperti halnya cover both side, keseimbangan dan validitas sumber informasi serta upaya lainnya sehingga yang disajikan ke masyarakat tak diragukan kebenarannya.

“Masih ada kalangan yang dalam mengakses informasi tetap memerhatikan sumber media yang menginformasikannya. Karena itu, Suara Merdeka berupaya menjadi media yang terpercaya, valid dan objektif dalam menyajikan informasi, ” Kata Hartanto. (Evie Kusnindya)

Editor : Sri Hartanto

 

Tinggalkan Pesan