Status Klaten Turun dari Zona Risiko Sedang Menjadi Rendah, 6 Pasien Covid-19 Sembuh

0
cegah-virus-corona
FOTO/DOK

KLATEN,suaramerdekasolo.com – Kabupaten Klaten yang semula masuk dalam Zona Risiko Sedang Covid-19, kini statusnya turun menjadi Zona Risiko Rendah Covid-19.

Kabar gembira itu disampaikan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 melalui Siaran Pers Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), 7 Juli 2020.
Klaten menjadi satu-satunya kabupaten di Jawa Tengah yang turun status dari zona risiko sedang ke zona risiko rendah. Meski demikian, kondisi itu tidak boleh membuat kita lengah dan harus tetap menerapkan protokol kesehatan dengan disiplin agar penularan bisa dicegah.

Sementara itu, Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Klaten mengumumkan ada enam orang pasien positif covid-19 yang dinyatakan sembuh dan dua penambahan pasien terkonfirmasi positif Covid-19. Hal itu diumumkan Ketua Gusgas PP Covid-19 Klaten, Sri Mulyani, Selasa (7/7).
Empat pasien sembuh berasal dari Kecamatan Bayat berinisial ST (perempuan, 70 tahun), NH (perempuan, 41 tahun), HAP (perempuan, 10 tahun) dan SM (perempuan, 38 tahun).

Dua pasien sembuh lain masing-masing berinisial AGA (laki-laki, 30 tahun) berasal dari Kecamatan Wedi dan YB (laki-laki, 41 tahun) berasal dari Kecamatan Klaten Selatan. Sebelumnya, enam pasien tersebut dirawat di RSD Bagas Waras Klaten.
Lima pasien sembuh dari Bayat dan Wedi terkonfirmasi positif Covid-19 sejak tanggal 18 Juni 2020 dan 1 pasien sembuh dari Klaten Selatan dinyatakan positif sejak tanggal 20 Juni 2020.

‘’Alhamdulillah, enam pasien positif covid-19 dinyatakan sembuh dan boleh pulang. Meski demikian, mereka harus tetap melaksanakan protokol kesehatan dengan isolasi mandiri di rumah selama 14 hari,’’ tegas Bupati Sri Mulyani.

Sedangkan dua pasien positif Covid-19 baru adalah HS (laki-laki, 42 tahun) dari Kecamatan Tulung dan S (laki-laki, 37 tahun) dari Kecamatan Cawas. HS bekerja sebagai karyawan swasta di sebuah perusahaan di Kudus, sehingga dimungkinkan tertular di Kudus.

Adapun S adalah pedagang dan belakangan melakukan perjalanan ke Kota Malang. Dia diduga tertular saat perjalanan Klaten-Malang. Saat ini, kedua pasien menjalani perawatan di RSJD Soedjarwadi Klaten dalam kondisi baik.

Dengan adanya enam pasien sembuh dan penambahan dua kasus baru, jumlah kumulatif kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Klaten mencapai 62 orang. Dari jumlah itu, 45 orang telah sembuh, 14 orang masih menjalani perawatan di RS, dan 3 orang meninggal dunia.(Merawati Sunantri)

Editor : Budi Samun

Tinggalkan Pesan