Harap Dicatat ! Pembagian BLT DD Wonogiri Hanya Tiga Bulan

blt-wonogiri-2020
JOGO TONGGO : Kepala Balai Kesehatan Masyarakat Dinkes Provinsi Jateng dr Sigit Amunarto menyerahkan perlengkapan program Jogo Tonggo kepada perwakilan kepala desa disaksikan Bupati Wonogiri Joko 'Jekek' Sutopo di Ruang Kahyangan, Kompleks Setda Kabupaten Wonogiri, Rabu (8/7). (suaramerdekasolo.com/Khalid Yogi)

WONOGIRI,suaramerdekasolo.com – Pembagian Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD) di Kabupaten Wonogiri kemungkinan hanya akan dilaksanakan untuk tiga bulan. Adapun tiga bulan berikutnya Dana Desa dapat digunakan untuk untuk kegiatan dalam rangka pemberdayaan ekonomi masyarakat.

Bupati Wonogiri Joko ‘Jekek’ Sutopo mengatakan, pemerintah sedang mendorong persiapan menuju kenormalan baru, yakni dengan menstabilkan kesehatan dan menumbuhkan kembali perekonomian.

Dalam regulasi yang ada, penggunaan dana desa bisa diselenggarakan berbasis kebersamaan. “Dana desa bisa untuk BLT dan/atau untuk kegiatan dalam rangka pemberdayaan ekonomi masyarakat,” terangnya, saat menggelar pengarahan tentang penyaluran BLT DD di Ruang Kahyangan Kompleks Setda Kabupaten Wonogiri, Rabu (8/7).

Hal itu menurutnya bisa menjadi dasar untuk mengambil kebijakan dalam rangka menstabilkan kesehatan dan menstabilkan ekonomi sekaligus. “BLT tiga bulan. Tiga bulan berikutnya fokus untuk pemberdayaan. pembangunan infrastruktur dengan padat karya, bidang kesehatan, atau pencegahan stunting,” ujarnya.

Untuk itu diperlukan sinergi antara dana desa, APBD, dan Biaya Tidak Terduga (BTT). Jika ada dana BTT yang tersisa setelah melaksanakan Bantuan Sosial Pangan (BSP), dana tersebut bisa dimanfaatkan untuk pemulihan dampak pandemi Covid-19. Contohnya menggelar program pembangunan infrastruktur padat karya yang melibatkan tenaga terlatih dan tidak terlatih.

Dengan terpenuhinya stabilitas pangan, kesehatan masyarakay juga akan terjaga. Selanjutnya stabilitas di sektor ekonomi, keamanan, politik juga akan terjaga. (Khalid Yogi)

Editor : Budi Sarmun

 

Tinggalkan Pesan