Pemprov Serahkan Jogo Tonggo Kit Senilai Rp 3,1 Miliar untuk Klaten

bantuan-jogo-tonggo-klaten

KLATEN,suaramerdekasolo.com – Pemerintah Provinsi Jawa Tengah menyerahkan bantuan Jogo Tonggo Kit senilai total Rp 3,163 miliar ke Pemkab Klaten. Penyerahan bantuan dilakukan sejumlah anggota DPRD Provinsi Jawa Tengah kepada Bupati Sri Mulyani di Pendapa Pemkab Klaten, Jumat (10/7).

Penyerahan dihadiri anggota DPRD Jawa Tengah antara lain Quatly Abdulkadir Alkatiri, Sri Marnyuni, Kadarwati, Mujaeroni, Hartarto, dan Stephanus Sukirno. Selian itu, hadiri perwakilan Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah, para pejabat Pemkab Klaten, perwakilab camat dan kades dari 5 Dapil di Klaten.

”Pemprov Jawa Tengah melakukan pergeseran anggaran hingga Rp 2,2 triliun untuk penanganan covid-19. Anggaran itu difokuskan bagi upaya
pencegahan, kesehatan dan bantuan ekonomi terutama UMKM. Jogo tonggo kit ini kungkin baru lertama ada di Jaw Tengah, nanti akan dibagikan ke desa-desa dengan nilai Rp 10 juta per desa,” kata Quatly Abdulkadir Alkatiri selalu pimpinan rombongan.

Dia berharap penanganan covid-19 dapat berjalan dengan baik sehingga penularan dapat ditekan dan segera masuk ke masa recovery. Sebelumnya, Pemprov juga sudah menyalurkan bantuan Jaring Pengaman Sosial bagi 27.000 KK di Klaten, berupa paket sembako. Usai diterima Bupati, bantuan langsung diserahkan kepada desa/kelurahan dengan diwakili camat dan beberapa kades.

Bupati Sri Mulyani mengatakan, dalam penanganan covid-19, Pemkab Klaten telah melakukan pergeseran anggaran hingga Rp 220 miliar. Penyaluran bantuan JPS sudah dilakukan, desa-desa sudah disalurkan BLT tahap III dan hanya sedikit desa yang baru menyalurkan BLT tahap II.

”Saat ini, jumlah pasien positif covid-19 mencapai 67 orang, sudah sembuh 47 orang, meninggal 4 orang dan 16 orang masih dirawat di RS. Saya berharap daerah merak di Klaten segera menjadi hijau sehingga dalam waktu dekat dapat digelar rapat koordinasi dengan jajaran untuk persiapan new normal,” tegas dia.

Pemkab juga sudah melaksanakan program yakni seluruh kepala OPD dan ASN diberi tugas langsung ke masyarakat. Selain itu, dilakukan rapid tes kepada seluruh kades untuk memberikan rasa tennag kepada masyarakat.

Kepala Dinas kesehatan Klaten Cahyono Widodo mengatakan, Jogo Tonggo Kit yang dibagikan terdiri atas hand sanitizer, APD, disinfektan dan lainnya. Bantuan diberikan kepada 391 desa dan 10 kelurahan yang afa di Klaten dengan mengutamakan pencegahan penularan di masyarakat, meningkatkan keamanan. (Merawati Sunantri)

Editor : Budi Sarmun

 

Tinggalkan Pesan