Moh Ahsan Al-Hamzah Nasution Juarai Kompetisi Matematika Internasional

Moh-Ahsan-Al-Hamzah-Nasution
Ahsan bersama piagam prestasinya.

*Harumkan Siswa SDIT Nur Hidayah

SOLO,suaramerdekasolo.com – Prestasi membanggakan ditorehkan salah siswa SD Islam Terpadu Nur Hidayah Surakarta, Moh. Ahsan Al-Hamzah Nasution. Siswa kelas IV B ini berhasil mendapatkan Medali Perak (Silver Medal) dalam International Kangaroo Mathematics Contest (IKMC).

Informasi hasil kompetisi tersebut diperoleh Ahsan dan keluarganya pada Sabtu (11/07) melalui informasi online dari panitia.

“Saya sangat bergembira dengan capaian ini. Karena ini lomba via online pertama yang saya ikuti dan pesertanya seribuan lebih,” kata siswa yang akrab disapa Ahsan ini. 

Dikemukakan,  IKMC merupakan sebuah kompetisi Matematika tingkat internasional yang digelar sejak 1991, dan Klinik Pendidikan MIPA yang dipercaya sebagai penyelenggara tunggal tahun ini. Pelaksanaan tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya.

Baca : Figur Caecila Sekar M Andalan Petembak Sragen Di Porprov

Jika tahun sebelumnya dilaksanakan secara tatap muka langsung, maka untuk tahun ini dilaksanakan secara online/daring.Ia juga berbagi tips prestasinya.

  “Tipsnya tetap jaga shalat lima waktu, murojaah dan menambah hafalan Alqur’an, rutin latihan mengerjakan soal, menghafal dan memahami rumus atau materi, dan kalau saat bermain jangan lupa waktu.”

Ahmad Ridwan Nasution, ayahanda dari Ahsan yang langsung mendampinginya menuturkan, Selama masa pandemi, ia berlatih mengerjakan soal-soal Matematikanya di pagi hari. Adapun pengecekannya di malam hari setelah sholat dan mengaji. Lomba secara online juga melatih anak menghadapi kondisi kurang nyaman ketika mereka login, membuka dan memulai mengerjakan soal.

“Terkadang sinyal wifi yang lemot atau kendala teknis yang tidak mereka temui ketika lomba secara offline. Di siniliah mental juara akan dilatih untuk tidak gugup memanfaatkan waktu sebaik mungkin.”

Baca : Dekati Masyarakat, Melestarikan Tanaman Beringin Bhabinkamtibmas Desa Pare, Wonogiri

Kepala SD Islam Terpadu Nur Hidayah Surakarta, Waskito menuturkan pihaknya ikut bersyukur, berbahagia, dan memberikan apresiasi prestasi Ahsan.

“Semoga memberikan inspirasi bagi para siswa lainnya. Bahwa di masa pandemi tetap bisa belajar dan berlatih sungguh-sungguh, dan menghadirkan prestasi yang membahagiakan. Semoga ke depan Mas Ahsan maupun siswa-siswi lainnya dapat terus menorehkan prestasi terbaiknya.”(Evie Kusnindya) 

Baca : R Sudirman Ajak Alumnus SMA 6 Solo Pioner Kenormalan Baru

Editor : Budi Sarmun

 

Tinggalkan Pesan