Kapolda dan Pangdam Canangkan 401 Kampung Siaga Candi di Klaten

0

KLATEN,suaramerdekasolo.com – Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Ahmad Lutfi dan Pangdam IV Diponegoro yang diwakili Danrem 074 Warastratama Surakarta Kol inf Rano Tilaar melakukan pencanangan 401 Kampung Siaga Candi secara serentak Pencanangan dilakukan di Desa Nglinggi, Kecamatan Klaten Selatan, Klaten, Senin (20/72020).

Acara dihadiri Anggota DPR RI Eva Yuliana, Bupati Sri Mulyani, Kapolres Klaten AKBP Edi Suranta Sitepu, Dandim 0723 Klaten Letkol Kav Minarso, Ketua DPRD Klaten Hamenang Ismoyo, Forkompimda, sejumlah pejabat, camat, para kades dan relawan.

”Pencanangan Kampung Siaga Candi di 401 desa/kelurahan di Klaten untuk meningkatkan ketahanan masyarakat dalam pencegahan dan penanganan covid-19. Ini sesuai instruksi Presiden agar Polri terlibat bersama TNI, Pemda dan elemen masyarakat dalam penanganan Covid-19. Pencanangan ini juga dilakukan di daerah lain di Jawa Tengah,” tegas Kapolda.

Dalam kesempatan itu, Bupati Sri Mulyani menyampaikan laporan kondisi Klaten dan Eva Yuliana menyampaikan apresiasi pada langkah Polri bersama TNI dan Pemkab Klaten dalam penanganan Covid-19. Acara dilanjutkan pembacaan Deklarasi Kampung Siaga Candi oleh Kades Nglinggi Sugeng Mulyani diikuti secara virtual di 26 kecamatan.

Acara dilanjutkan pencanangan oleh Kapolda dan penandatangan prasasti, penyerahan APD kepada perwakilan camat dan tebar benih ikan.

Kapolres Klaten AKBP Edi Suranta Sitepu mengatakan, Desa Nglinggi dipilih untuk pencanangan karena tidak ada kasus positif Covid-19. Seluruh warga tertib menerapkan protokol kesehatan dengan baik, dan mempunyai lumbung desa tempat masyarakat menyumbang hasil panen. Selain itu, setiap Jumat warga menggantungkan sembako di posko, warga yang membutuhkan bisa mengambil.

‘”Pencanangan Kampung Siaga Candi di 401 desa/kelurahan di Klaten dilakukan dalam menghadapi adaptasi kebiasaan baru. Acara disaksikan dari kecamatan secara virtual. Acara dilanjutkan tebar 40.000 benih ikan kolam milik BUMDes Nglinggi, penan raya di Desa Ponggok, dan panen ikan di Desa Nganjat Kecamatan Polanharjo.

Danrem 074 Warastratama Surakarta Kol Inf Rano Tilaar menegaskan bahwa Panglima TNI menurunkan perintah penanganan Covid-19 harus dlakukan disejajarkan dengan operasi pengamanan pulau dan harus dilaksanakan bersama Polri dan Pemda di bawah kendali Gugus Tugas. (Merawati Sunantri)

Editor : Budi Sarmun

Tinggalkan Pesan