Metode “Joyful Learning” Menyenangkan Bagi Siswa di Era Pandemi

joyfull-unisri

SOLO,suaramerdekasolo.com – Pembelajaran bagi anak sekolah, terutama mata pelajaran Bahasa Inggris, pada era new normal pandemi Covid-19 ini butuh strategi khusus untuk mendesain pembelajaran tersebut agar menyenangkan dan mampu mencapai tujuan.

Karena itu, Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Slamet Riyadi  (Prodi PBI FKIP Unisri) Solo mendesain model pembelajaran itu agar menarik bagi anak sekolah. Desain disampaikan dalam seminar online The 4th ESC (English Students’ Crearivity) yang digelar himpunan mahasiswa Prodi PBI (Himaris), baru-baru ini.

Webminar bertema “Joyful Learning in New Normal” itu menghadirkan tiga nara sumber. Dosen Prodi PBI FKIP Unisri Dr Sri Handayani, yang tampil dengan materi “Joyful Learning as one of the Favourite Strategies in the New Normal” menyampaikan, salah satu strategi yang dapat mewujudkan online learning adalah penerapan joyful learning.

Dimana pembelajaran itu berpusat pada siswa, dikemas dalam situasi yang menyenangkan, untuk mencapai hasil pembelajaran yang optimal.”Di situ, guru dapat memfasilitasi para siswa dan siswi untuk belajar lebih mudah dan menyenangkan,” kata Handayani yang tampil sebagai pembicara kedua.

Sementara itu, pembicara pertama dari associate professor, Chin min Lin, sekaligus chair person of Department of English National Taichung Institute of Taiwan membagikan pengalaman praktik dalam pembelajaran online di negaranya selama pandemi memakai zuvio, yang banyak menggunakan karakter super hero dan tokoh kepahlawanan.

“Dengan sarana itu, siswa akan lebih bisa memahami materi sehingga nilainya pun meningkat,” kata dia yang membawakan materi “English Teaching and Learning in the New Normal”.

Willy Juanggo, pengajar sekolah pribadi Bandung mengetengahkan materi “The Use of Technology to Promote Active Learning During the Pandemic”. Menurut alumni Prodi PBI Unisri itu, ada beberapa aplikasi untuk pembelajaran online di era new normal, seperti zoom, google meet, skype, dan lainnya.Wakil Dekan FKIP, AR Koesdiantho mengatakan, ESC ini merupakan agenda tahunan Himaris yang bertujuan untuk untuk mengenalkan program studi pendidikan bahasa Inggris kepada masyarakat luas guna meningkatkan animo kuliah di Unisri, khususnya Prodi Pendidikan Bahasa Inggris.

“Dari acara ini, harapannya adalah pendidik maupun calon pendidik memperoleh pengetahuan dan wawasan, bagaimana mendesain joyful learning di era new normal untuk peningkatan mutu dan kualitas pembelajaran,” ungkapnya.(Vladimir Langgeng) 

Editor : Budi Sarmun

 

Tinggalkan Pesan