Tiga Prodi S2 Raih Akreditasi Secara Bersamaan

dekan-FKIP-UMS
BERI PENJELASAN- Dekan FKIP UMS, Prof Dr Harun Prayitno menyampaikan penjelasan tentang tiga prodi S2 Raih Akreditasi Unggul di UMS, Selasa (28/7), (suaramerdekasolo.com/dokumentasi)

SOLO, suaramerdekasolo.com – Dalam waktu hampir bersamaan, tiga Prodi Magister (S2) meraih prestasi terakreditasi unggul (A). Hal itu terwujud setelah melalui tahap penyusunan borang sangat komprehensif, pengusulan tepat waktu, penilaian deks evaluation, penilaian lapangan (AL) Juli 2020.

Ketiga prodi yang meraih akreditasi unggul (A) dari BAN PT yakni Prodi S2 Manajemen Pendidikan, S2 PGSD, dan S2 Pendikan Bahasa Indonesia. Raihan akreditasi unggul (A) ketiga tersebut akan semakin memperkuat 8 Prodi Pendidikan S1 yang sudah lebih dahulu memperoleh terakreditasi A, yaitu P Akuntansi, PPKn, P Bhs Indonesia, P Babasa Inggris, P Matematika, P Biologi, PGSD, dan P Geografi. Hampir keseluruhannya Prodi Pendidikan baik jenjang Sarjana S1 maupun Magister S2 yang sudah terakreditasi Unggul A mencapai 80%.

Untuk memperoleh akreditasi tersebut, Dekan FKIP UMS Prof Harun Joko Prayitno mengemukakan FKIP UMS telah mempersiapkan diri dengan sangat matang dan melakukan terobosan pengembengan reputasi akademik serta penguatan kelembagaan strategis.

Misalnya, student exchange mencapat di atas 178 dalam setiap tahunnya, meningkatkan luaran publikasi ilmiah terindeks Scopus mencapai 226 dokumen, implementasi kerja sama riset dan invited speakers, visiting profesor di sejumlah education faculty di luar negeri Mesir, Malysia, Thailand, Philipine, Vietnem, Swedia dan lain-lain.

Sejalan dengan visi unggul FKIP UMS menghasilkan lulusan guru profesional sejati, yang berkepribadian Islami, dan sebagai inisiator penggerak perubahan pendidikan dalam konteks komputasi global, Harun Prayitno menjelaskan, FKIP UMS melakukan terobosan dengan bertindak sebagai inisiator penggerak sekolah-sekolah dasar menengah Muhammadiyah di berbagai pelosok tanah air sejak dari Medan, Bangka, Babel, Makassar, Mataram, Palu, Kendari, Sorong, dan Raja Ampat.

”FKIP UMS sekaligus memperoleh mandat sebagai LPTK pengasuh bagi LTPK PTM nasional yang sedang dalam proses tumbuh kembang. Reputasi dan terobosan akan terus dilakukan termasuk menaikkan 50% jumlah dosen berkualifikasi doktor dan profesor,” terang Dekan FKIP UMS itu. (Sri Hartanto)

Editor : Budi Sarmun

 

Tinggalkan Pesan