SDIT Insan Cendekia Menyelenggarakan Penyembelihan Hewan Kurban Bekerjasama dengan BMHI Boyolali

sdit-insan-cendikia-bmhi-boyolali

BOYOLALI,suaramerdekasolo.com – Di masa Pandemi Covid-19, SDIT Insan Cendekia Boyolali bekerjasama dengan Baitul Maal Harapan Insan (BMHI) Boyolali menyelenggarakan penyembelihan hewan kurban, Sabtu (1/8/2020).

BMHI merupakan Mitra Pengelola Zakat (MPZ) Daarul Tauhid Peduli (dtpeduli).
Kerjasama ini baru pertama kali dilakukan, pada tahun-tahun sebelumnya sekolah menyelenggarakan secara mandiri. Kerjasama ini dilakukan agar lebih mudah dalam penyelenggaraan penyembelihan hewan kurban.

Panitia penyembelihan hewan kurban dilakukan oleh BMHI, sementara SDIT Insan Cendekia memberikan fasilitasi tempat. Penyembelihan dilaksanakan di kampus 2 SDIT Insan Cendekia.

Humas SDIT Insan Cendekia, Fantika Vera, menjelaskan bahwa penyembelihan hewan kurban tahun ini diselenggarakan di kampus 2 SDIT Insan Cendekia.

“Biasanya kami menyelenggarakan penyembelihan hewan kurban di kampus 1, tapi tahun ini kami selenggarakan di kampus 2. Di kampus 2 relatif lebih luas dibandingkan dengan kampus 1, hal ini menyesuaikan dengan jumlah hewan kurban yang lebih banyak tahun ini” jelas dia.

Fantika menjelaskan, penyembelihan hewan kurban tahun ini tidak bisa disaksikan oleh
para siswa karena sekolah diliburkan untuk menghindari kerumunan. Selain itu, panitia juga tidak bisa mengontrol siswa yang biasa menyaksikan berdesak-desakan.

Sementara, ketua panitia penyembelihan hewan kurban, Dwi Marsudi, menyampaikan bahwa hewan kurban berasal dari dtpeduli dan dari SDIT Insan Cendekia.

“Hewan kurban yang dihimpun berasal dari dtpeduli sebanyak 2 ekor sapi dan 24 ekor kambing, dari SDIT Insan Cendekia sebanyak 1 ekor sapi dan 1 ekor kambing. Hewan kurban dari sekolah merupakan partisipasi dari para guru dan para orang tua murid” ujar dia.

Kemudian, estimasi jumlah penerima daging kurban sebanyak 450 kk. Jumlah tersebut tersebar di beberapa area. Penyaluran daging kurban pendistribusiannya diprioritaskan di sekitar lingkungan kampus 1 dan kampus 2 SDIT Insan Cendekia. Selebihnya tersebar di area Klego, Sragen, Sukoharjo, dan Solo.

“Kami berharap kerjasama ini dapat berlanjut di tahun berikutnya” tambah Marsudi.(*)

Editor : Budi Samun

 

Tinggalkan Pesan