Senin Besok, Puskesmas Andong Boyolali Kembali Buka

puskesma-andong-dibuka
SEMPROT DESINFEKTAN: Petugas menyemprot ruang tunggu Puskesmas Andong dengan cairan desinfektan. (suaramerdekasolo.com/Joko Murdowo)

BOYOLALI,suaramerdekasolo.com – Puskesmas Andong dipastikan buka kembali melayani masyarakat, Senin (3/8). Hal itu dilakukan setelah tempat layanan kesehatan tersebut disemprot desinfektan.

Praktis, selama itu, Rabu-Kamis (29-30/7) Puskesmas ditutup sementara. Itu dilakukan setelah salah satu tenaga kesehatan (Nakes) disana dipastikan terkonfirmasi positif Covid-19. Yaitu,  FKN warga Desa Kunti, Kecamatan Andong.

Dia bersama empat Nakes lainnya pada Selasa (28/7) menjalani swab. Hal itu didasarkan hasil rapid test (tes cepat) secara mandiri. Saat itu, yang reaktif ada lima sehingga dilakukan test swab.

“Kelima nakes itu sudah diperiksa swab, hasilnya satu positif Covid-19,” ujar Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Boyolali, Ratri S Survivalina.

Baca : Ketua Umum Senkom, Himbau Lakukan M3 Hindari Covid-19

Dengan temuan ini, Puskesmas Andong ditutup sementara. Selama ditutup, Puskesmas dilakukan penyemprotan disinfektan.

Gedung puskesmas Andong itu disemprot cairan disinfektan secara menyeluruh.

Mulai dari halaman, Bagian Loby, ruang pelayanan hingga ruang kantor petugas. Seluruh sudut gedung puskesmas tak ada yang luput dari semprotan petugas. “Bahkan, untuk memastikan lagi nanti nakes-nakes yang lain akan kita jadwalkan untuk pemeriksaan test swab, walaupun rapid testnya non reaktif.”

Dijelaskan, penutupan Puskesmas Andong sebagai bagian dari penanganan untuk pencegahan percepatan kasus positif Covid-19 di Kabupaten Boyolali. Puskesmas Andong dilakukan proses dekontaminasi dan disinfeksi.

Baca : Masa Pandemi Covid-19, Jumlah Penyembelihan Hewan Kurban PKS Surakarta Meningkat

“Puskesmas Andong akan beroperasi normal kembali untuk pelayanan masyarakat pada Senin (3/8).” (Joko Murdowo)

Editor : Budi Sarmun

 

Tinggalkan Pesan