Rektor Baru Uniba Ditugasi Lima “PR”

0
rektor-uniba-surakarta-baru1
Ketua Yayasan Perguruan Tinggi Islam Batik (Yapertib) Sahrial Amri membacakan SK pelantikan rektor dan wakil rektor terpilih, Senin (3/8/2020). (suaramerdekasolo.com/Evie Kusnindya)

SOLO,suaramerdekasolo.com – Rektor Universitas Islam Batik (Uniba) Surakarta yang baru dilantik Senin (3/8/2020) Dr Amir Junaidi memperoleh lima “PR” dari Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LL Dikti) Wilayah 6 Jawa Tengah. Rektor baru Uniba tersebut diharap segera mengambil langkah percepatan guna menyelesaikan kelima PR tersebut.

Hal itu dikemukakan Kepala LL Dikti Wilayah 6 Prof Dr DYP Sugiharto dalam sambutannya saat pelantikan rektor dan wakil rektor Uniba periode 2020-2024 yang digelar di kampus setempat.

“Ada lima hal yang perlu segera dilakukan Rektor Uniba yang baru saja dilantik,” kata Prof DYP secara daring kepada hadirin yang menghadiri acara pelantikan.
Kelima PR tersebut menurut Prof DYP yang pertama adalah perlunya menjaga akuntabikitad dan penjaminan mutu. Kendati saat ini perkuliahan dilakukan secara daring, namun baik perkuliahan daring maupun tatsp muka keduanya memerlukan penjaminan mutu yang terjaga.

Yang kedua yakni menyiapkan implementasi konsep kampus merdeka dan merdeka belajar yang digulirkan Kementerian Pendidikan Kebudayaan. Konsep kampus merdeka dan merdeka belajar menurut Prof DYP memerlukan penyelarasan kurikulum dan peningkatan kerjasama.

PR yang ketiga yakni perlu segera untuk mengkonversi peribgkat akreditasi. Sebab saat ini kareditasi bukan lagi menggunakan huruf selerti A, B dan C namun Baik, Baik Sekali dan Unggul. Akreditasi tersebut tidak serta merta berubah namun harus dikonversi oleh perguruan tinggi terkait agar berubah menjadi Baik, Baik Sekali atau Unggul. Sebab akreditasi lama menggunakan tujih standar untuk menentukan sementara sistem akreditasi baru memerlukan sembilan kriteria.

“Itulah mengapa PT perlu melalukan konversi karena perubahan akreditasi tersebut tidak secara otomatis, ” lanjutnya.

Pada poin keempat, Prof DYP juga mengingatkan agar Rektor melaksanakan standar nasional perguruan tinggi secara utih dan konsisten yang meliputi 24 standar.
PR yang kelima adalah Rektor diminta memantabkan dan memutakhirkan pangkalan data perguruan tinggi.

rektor-uniba-surakarta-baru2
REKTOR UNIBA : Rektor (tengah) dan wakil rektor A (kiri) wakil rektor B (kanan ). (suaramerdekasolo.com/Evie Kusnindya)

Menanggapi hal itu, Rektor Anir Junaidi menyatakan siap untik melakukan percepatan. Ia terlebih dulu akan melihat internal civitas akademika baik dari komponen dosen, karyawan dan mahasiswa. Kelima PR tersebut menurutnya merupakan tugas inti dari perguruan tinggi dan akan dilaksanakan sebaik mungkin.

Selain melantik Dr Amir Junaidi sebagai Rektor, Ketua Yayasan Perguruan Tinggi Islam Batik (Yapertib) Surakarta Sahrial Amri juga melantik Dr Ariy Khaerudin sebagai Wakil Rektor Bidang Akademis dan Dr Kartika Hendra Titisari sebagai Wakil Rektor Bidang Nonakademis.

Sahrial Amri mengemukakan, dengan dilantiknya pemomlin pemimpin baru tersebut diharapkan mampu membawa Uniba menjadi institusi pendidikan yang memiliki kredibilitas, berdaya global serta tetap menjunjung tinggi nilai nilai keislaman yang rahmatan lil alamin.

“Kami berharap pemimpin baru ini mampu menjadi tonggak kejayaan Uniba,” imbuhnya. (Evie Kusnindya)

Editor : Budi Sarmun

Tinggalkan Pesan