Proyek Griya Lawu Asri Selesai, Perumnas Ditawarkan ke ASN Pemkab Karanganyar

perumahan-eks-GLA
RKS GLA: Eks Perumahan GLA yang kini jadi Perumnas Jeruksawit. (suaramerdekasolo.com/dok)

KARANGANYAR,suaramerdekasolo.com – Masih ingat Perumahan Griya Lawu Asri (GLA) yang menyeret mantan Bupati Karanganyar Rina Iriani ke penjara, sekarang sepenuhnya jadi Perumnas Jeruksawit dan ditawarkan ke ASN (Aparat Sipil Nasional) Karanganyar agar dibeli.

‘’Harganya masih harga lama hanya sekitar Rp 115 juta. Kalau dengan harga sekarang sekitar Rp 160-an juta perunit. Dan yang beli memang saat ini hanya ASN, TNI dan Polri saja untuk perumahan bersubsidi, bisa diatasnamakan anak, menantu, saudara, yang penting untuk kepemilikan rumah pertama,’’ kata Akhmad Ruchiman, General Manajer Perumnas V Surakarta, Selasa, (4/8/2020).

Baca : Ketua Umum Senkom, Himbau Lakukan M3 Hindari Covid-19

Usai beraudiensi dengan Bupati Karanganyar Juliyatmono, dia mengatakan, ada 1.200-an unit yang dibangun di sana dan masih tersisa sekitar 428 unit dan masih akan dibangun 280-an unit lagi yang siap dipasarkan.

Dia memang mencoba menawarkan untuk ASN Karanganyar dahulu karena wilayahnya memang ada di Karanganyar.untuk investasi juga dibolehkan dengan harga sama namun tidak mendapatkan subsidi. Bedanya subsidi dengan tidak hanya pada bunga. Jika subsidi bunganya hanya 8 % saja jika tanpa subsidi bunganya mengikuti bunga komersial.

Dia memang berharap ASN Karanganyar yang akan membeli rumah tersebut karena selain subsidi bunga bisa keluar, sekaligus komplek yang dekat dengan jalan tol Solo-Kertosono itu akan berkembang pesat.

Salah satu tanda keberhasilan perumahan adalah kalau ekonomi sekitar bisa menggeliat dan kompleks sekitar itu maju. Selain itu juga perbaikan infrastruktur akan lebih mudah diharapkan jika banyak ASN yang tinggal di perumahan tersebut.

Baca : Pungli Sertifikat Mantan Kades dan Kadus Dibui, Minta Rp 2 Juta

Bupati Juliyatmono menyanggupi akan meminta ASN Pemkab untuk bertempat tinggal di sana. Dan infrastruktur dia menyanggupi membangun lebih baik jika banyak ASN Pemkab ada di sana. Dan perumahan itu dari sejarahnya memang untuk warga Karanganyar.

‘’Nanti lewat BKPSDM (Badan Kepegawaian dan Pengembangan SDM) akan mengadakan kerjasama dengan Perumnas untuk melakukan sosialisasi bersama. Selain itu jika perumahan itu menjadi perumahan ASN biasanya perkembangan secar sosiologis lebih baik.’’(Joko DH)

Editor : Budi Sarmun

Tinggalkan Pesan