Humas UNS Silaturahmi dengan Kru SM Biro Solo

kerjasama-uns-suaramerdeka
SILATURAHMI: Humas UNS berkunjung ke kantor Perwakilan Suara Merdeka Surakarta,Kamis (6/8/2020). (suaramerdekasolo.com/Budi Santoso)

SOLO,suaramerdekasolo.com – Humas Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta Kamis (6/8/2020) mengunjungi kantor Perwakilan Suara Merdeka Surakarta. Kedatangan tim Humas tersebut selain bertujuan untuk bersilaturahmi juga untuk lebih mempererat hubungan antarlembaga. 

Deputi Humas UNS Dr Deddy Winata mengemukakan, selama ini UNS merasa terbantu untuk menyampaikan informasi kepada masyarakat melalui media massa,  salah satunya Suara Merdeka.  Dengan banyak dipublikasikan melalui media,  berbagai kegiatan,  prestasi maupun informasi terkait UNS lebih mudah sampai ke masyarakat.

Baca : Ikuti UTBK di UNS Peserta Luar Kota Wajib Bawa Keterangan Rapid Tes

Humas sebagai pintu masuk dan keluar informasi maupun citra lembaga menurut Deddy juga merasa perlu untuk meminta saran dan masukan dari media massa yang selama ini terkait erat. 

 “Selain ingin menambah relasi dan saudara kami juga berharap adanya masukan dari Suara Merdeka terkait UNS maupun Humas UNS mengenai banyak hal. Ini pula yng menjadi salah satu aladan kami berkunjung,” imbuhnya.  

Rombongan yang berjumlah delapan personel tersebut diterima oleh Kepala Kantor Perwakilan Sri Hartanto beserta beberapa awak Biro Solo. Dalam kesempatan itu, 

Kepala Divisi Media Massa Humas UNS Dyah Yuni mengemukakan jika banyak sekali bidang yang perlu terus dikerjasamakan antar kedua lembaga. Salah satunya adalah upaya mewadai para civitas akademika untuk kegiatan publikasi kegiatan tri darma perguruan tinggi seperti penelitian dan pengabdian masyarakat. Selama ini belum banyak kalangan dosen dan akademisi yang memahami bagaimana mengakses media untuk menunjang dua kegiatan Tri Darma PT tersebut.

Baca : Kali Pertama, UNS Mewisuda 259 Mahasiswa Lewat Daring

 Dalam perbincangan santai tersebut,  Humas UNS juga menyinggung mengenai derasnya arus informasi sekaligus kecepatan penyampaian informasi. Di satu sisi hal itu menguntungkan masyarakat.  Namun di sisi lain juga membawa konsekuensi tersendiri.

Informasi yang tersebar acap belum terkonfirmasi kebenarannya sehingga tak jarang menyesatkan. Menanggapi hal itu,  Hartanto menyatakan jika transformasi media perlu dilakukan secara cepat dan terarah guna mengikuti perkembangan zaman.  Dengan pertimbangan tersebut,  SM juga memiliki portal online baik dalam skala nasional maupun lokal.

Baca : KKN UNS Relawan Tanggap Covid-19, Salsa Bagikan Bibit Tanaman dan Sosialisasi PHBS Secara Online

Dengan kondisi tersebut, SM terbuka untuk berbagai kerjasama yang dibutuhkan antar dua lembaga. Salah seorang awak redaksi Biro Solo yang juga pengelola Suaramerdekasolo.com Budi Sarmun mengemukakan jika banyak berita terkait UNS yang ditayangkan di sms.com tersebut yang menjadi perhatian dari netizen. Bahkan salah satu kegiatan Rektor UNS Prof Jamal Wiwoho ke Tiongkok beberapa waktu lalu juga direspons oleh salah satu kanal berita di negara tirai bambu tersebut.(Evie Kusnindya)

Editor : Sri Hartanto 

Tinggalkan Pesan